Unduh Ebook Menjadi Organisatoris Andal

Untuk unduh ebook Menjadi Organisatoris Andal (MOA), klik tautan berikut: https://bit.ly/EbookMOA Password pdf : MOAMANTAP25 ...

Minggu, 23 Agustus 2009

Go Home with Nafis and Wilda


I’m sorry, ‘cause udah lama g’ nge-post nich. apalagi ngenet, g’ sempat bgt.’cause I don’t have a laptop. And Then, There are many activity in my school (Mantsalisma) that maybe I can’t to leave it. Alhamdulillah, I get permission to go home before puasa. So, I have spare time to write a post although dikit about my experience when I will go home 2 days ago.Date 20th August 2009.Today, I fell very excited because I can go home before puasa after ‘till two months I don’t go home.And I can go home with Nailin Nafis together. That makes me very happy. First, We have promised to go home together with ride a bus. In the afternoon after pray Dhuhur, I hear my friend call me and talk to me that Nailin Nafis invite me to go home together and wait me now,though I still prepare myself to go home. So, I quickening to prepare myself and go to in front of my class. I wait and wait patiently, but I don’t look her until one hour later. Finally, He looked to be and she came to meet me. She talk to me “ How if we go home wait evening with Wilda’s father ? “ I became confused. Then, I answered “I better go home now by bus and you join Wilda’s father, How with you ? I ask Nafis.

MOS Mantsalisma


Hari pertama masuk SMA sungguh sangat menyenangkan, yang dulunya memakai seragam putih biru sekarang berganti menjadi putih abu-abu. Hari pertama kusongsong dengan riang gembira. Aku mandi lebih awal dari biasanya lalu makan dan pergi ke sekolah untuk mengikui acara MOS yang rencananya akan dilaksanakan selama lima hari. Mulai tanggal 7 Juli 2009 sampai tanggal 11 Juli 2009. Pertama, kami semua melaksanakan Upacara pembukaan MOS yang dibuka oleh Kepala Sekolah Man 3 Malang yaitu Pak Imam Sujarwo. Setelah itu, kami diajari baris berbaris yang benar oleh TNI atau polisi daerah setempat hingga tengah hari. Setelah itu kami sholat dan istirahat sejenak. Kemudian, kami dikumpulkan di Aula untuk mendapat pengarahan tentang ekskul yang ada di man 3 Malang.

Kamis, 09 April 2009

Pemimpin Yang Baik


Seorang ustadz ketika sholat jum’at berkhutbah tentang ciri2 pemimpin yang baik. Apa aja sich sebenarnya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar memimpin dengan baik dan benar. Inilah ciri2nya :
1.suka berbagi (terbuka) dengan yang dipimpinnya.
Maksudnya apa? maksudnya adalah pemimpin iu suka berbagi, kalau ada permasalahan yang berkenan dengan yang dipimpinnya, ia bersikap terbuka, tidak menutup diri, mau menerima kritik, usulan dan lain sebagainya dari yang dipimpinnya.
2.Suka bangun malamPemimpin yang baik cirinya adalah suka bangun malam untuk meminta kepada Allah supaya yang dipimpinnya selalu dalam keadaan sehat sepanjang hidupnya. Meminta perlindungan kepada-Nya agar selalu diberkati kepemimpinannya. Meminta petunjuk untuk menyelesaikan sesuatu yang sedang terjadi dengan yang dipimpinnya. Bukan malah pmenjadi pemimpin yang suka tidur, bangun molor, tidak memperhatikan yang dipimpinnya. Kalau begitu mana bisa maju negara kita ini.

Konsep Mata


Sekarang kita kaji tentang konsep mata kita yang bult ini. Apa sich, maksud dari konsep mata kita ini ? Telah kita tahu bahwa matta kita terdiri dari 2 bagian, yang satu berwarna hitam yang satu berwarna putih ? ruzz kenapa ? nah, bisa kita simpulkan bahwa mata kita terdiri dari dua unsure berbeda yang tak dapat kita pisahkan satu sama lain, yaitu sisi positif (warna putih) da sisi negaif (warna hitam). Nah, itulah yang menjadi konsep dalam gerak kita. Mata kita bisa digerakkan karena adanya dua sisi tersebut. Dan satu lagi, ternyata konsep gerak dalam kehidupan sehari-hari pun tak lepas dari dua sisi tersebut, yaiu positif dan negaif.
From : Religious Teacher

MUHAMMAD AMIN

Konsep Gunung


Pernahkah anda berpikir tentang konsep suatu gunung dengan adanya satuan pendidikan yang ada di negara Indonesia. Ternyata, ada hubungannya lho. Apa? Kita kaji satu per satu. Ketika di Taman Kanak-kanak kita diajari tentang membaca dan menulis. Menuju ke Sekolah Dasar kita diajari tentang membaca, menulis, menghitung. Namun, sedikit lebih tinggi atau dalam daripada di Taman Kanak-kanak dan itu masih dipelajri secara keseluruhan. Melangkah ke SMP kita diajar dengan pelajaran yang lebih spesifik dan dalam lagi. Misalnya, kalau di SD kita diajar pelajaran IPA, maka di SMP pelajaran tersebut akan bercabang lagi menjadi Fisika, Biologi, Kimia,dsb. Namun, tetap juga ini semua masih dipelajari dengan semestinya. Masuk ke SMA, kita akan merasakan hal yang sedikit berbeda dengan di SMP. Badan kita sudah semakin tinggi dan besar, serta pelajarannya juga semakin kompleks saja. Nanti kalau di semester 2 biasanya siswa SMA itu sudah masuk pada jurusan tertentu, misalnya IPA atau IPS ataupun bidang-bidang yang lain. Di Universitas, pelajaran-pelajaran tersebut semakin dikerucutkan lagi dengan adanya jurusan yang semakin spesifik, kalau IPA, IPA bidang apa yang akan diambil/dipelajari ? apakah IPA terapan, murni, atau yang lain. Yang penting adalah kalau kita sudah seperti ini, kita tidak boleh lupa dengan dasar yang telah kita bangun bertahun-tahun yang lalu supaya kita semakin yakin dan menghargai orang lain.

MUHAMMAD AMIN

Rabu, 04 Maret 2009

Gelombang Pikiran


Kemarin, Aku mendapat ilmu baru dari guru psikologi SSC (Sony Sugema College) ketika konseling. Kata beliau, kita itu mempunyai beberapa gelombang pikiran lho. Mau tahu apa saja 'kan  ?  Jawabannya ada 4
Pertama : Gelombang Beta : berkisaar antara 14-100 Hz. Kalau kita pada gelombang  ini, kita  dianggap dalam keadaan waspada. Tetapi, kalau diteruskan malah bisa was-was lho. Hati-hati ya. gelombang ini cocok untuk urusan yang berhubungan dengan dunia. Lalu, kalau diteruskan bisa sampai stress dan akhirnya depresi dech.
Kedua : Gelombang Alpha, gelombang ini berkisar antara 8-13.9 Hz. Dalam kondisi ini kita dalam keadaan rileks yang akhirnya bisa nyaman. Kondisi ini cocok untuk yang namanya belajar. Saat kita senyum, sebetulnya kita sedang memproduksi hormon endomorphin. Ini seperti yang dipakai pada morphin asli. Jadi, kalau kamu diminta teman kamu untuk memakai morphin bilang saja kalau aku itu setiap hari memakainya, bisa jadi lebih banyak.

Jumat, 13 Februari 2009

Hakikat Allah SWT


Mari kita merenung sebentar tentang hakikat Allah SWT. Pernahkan anda berpikir tentang 3 pertanyaan berikut ini :
Apakah Allah ada ?
Kalau ada apa buktinya ?
Sekarang dimana Allah berada ?
dan apa yang dilakukan-Nya saat ini ?
Kalau jawaban kita yang masih belajar sih, untuk nomor 1 adalah sebagai berikut
“Allah itu ada buktinya kita ada, alam ada tentu ada yang mencipta. Dan yang menciptakan ini semua Allah SWT.”
Namun apabila kita merenung lebih dalam dan jauh lagi sampai pada suatu tingkat, kita akan menemukan jawaban yang sangat realistis dengan menggunakan ilmu yang namanya ilmu filsafat.
Mari kita renungkan Allah melalui lafadz Bismillahirrahmanirrahim. Dalam lafadz itu, diawali dengan huruf ba’. Anda tahu ada apa dengan huruf ba’. Huruf ba’ berbentuk titik di bawah suatu garis lengkung yang ada di atasnya adalah ruang kosong.
Hal ini bermakna 3 hal :
Titik adalah manusia
Garis adalah alam semesta
Ruang kosong adalah Allah SWT.
Lebih besar manakah antara Ruang kosong dengan titik dan garis. Tentu ruang kosong ‘kan ? nah itulah mengapa Allah disebut Maha Besar. Lalu setelah huruf ba’ adalah ismi dan Allah lalu Arrahman Arrahim. Maksudnya Allah itu bersifat Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Rabu, 11 Februari 2009

HAPPY NEW YEAR 1430 H


Tahun baru, sebuah kata yang luas makna dan artinya. Kebanyakan orang mengartikan “TAHUN BARU” adalah malam pergantian tahun yang diisi dengan menyalakan kembang api pada tengah malam Tahun Baru. Persepsi seperti ini sudah seharusnya dirubah karena tidak sesuai dengan syariat agama Islam. Terlebih lagi, Tahun Baru yang kita peringati ini adalah Tahun Baru Islam.

Tahun Baru menurut agama Islam tidak sebatas berganti tahun, pesta kembang api, lalu ditinggal begitu saja tanpa bekas yang berarti. Akan tetapi, lebih dari itu semua, Tahun Baru harus disikapi dengan mengingat kesalahan-keslahan yang telah lalu dan beristighfar kepada Allah SWT semoga keslahan-kesalahan tersebut diampuni oleh-Nya (Muhasabah). Kemudian berdo’a semoga di tahun yang baru ini amal kita dapat lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Kita berdo’a semoga Allah tetap memberi kekuatan kepada kita umtuk memperahankan untuk berbuat kebajikan dan kalau bisa malah meningkatkan amal tersebut. Selalu ingat dan ingat selalu pepatah Arab berikut “Siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia untung. Siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia rugi. Siapa yang hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka ia celaka”. Akhirnya tiada kata yang patut terucap dari mulut ini, kecuali “Alhamdulillah kita masih diberi umur panjang dan saya ucapkan “SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1430 HIJRIYAH” semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin dan semoga Allah SWT memberi kita kekuatan untuk tetap berbuat kebaikan dan kebaikan.

MUHAMMAD AMIN

Minggu, 18 Januari 2009

SUMPAH PEMUDA


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak potensi sumber daya alamnya.emas, nikel, kayu, dsb ada di Indonesia. Sebenarnya, SDA tersebut dinikmati oleh bangsa Indonesia sendiri. akan tetapi, pada kenyataannya kekayaan alam tersebut kita gunakan untuk memperkaya korporasi negara asing. Seperti, EXON MOBILE, Pre-Port, Petrochina, dll. Mereka membuat kontrak kerja dengan bangsa kita berbulan-bulan, bahkan sampai ada yang bertahun-tahun. Dan akhir-akhir ini kita dengar kalau ada saalah satu perusahaan asing yang beroperasi di negara kita memperpanjang kontrak kerja dengan kita, bangsa Indonesia. Sungguh ironis sekali bangsa kita saat ini.

Selain masalah di atas, akhir-akhir ini juga marak terjadi kerusuhan massa. Kita ambil contoh, RMS (Republik Maluku Selataan) yang ingin membuat negara sendiri. Mengapa dapat terjadi yang demikian ? Karena anggapan mereka, mereka kurang diperhatikan oleh pemerintah pusat. Pemerintah pusat hanya memikirkan nasib rakyat Pulau Jawa, sedang mereka tak digubris sama sekali. Jadi, dapat kita ambil keputusan bahwa terpecah belahnya bangsa Indonesia ini diakibatkan oleh bangsa Indonesia itu sendiri.
Ada lagi masalah yang juga menjadi penghambat bangsa kita untuk maju adalah masih banyaknya rakyat Indonesia yang miskin. Mereka bekerja memungut sampah, tidur di kolong jembatan, Kesehatan dan kebersihan mereka tidak terjamin. Padahal dalam UUD 1945 ada pasal yang menjelaskan bahwa “Anak yatim dan orang terlantar dipelihara oleh negara”. Namun, apakah hal tersebut sudah terealisasikan dalam kehidupan nyata ? Kalau saya kira itu belum 100 % terealisasikan dalam kehidupan nyata.
Untuk mengatasi semua itu, dibutuhkan seorang atau mungkin beberapa orang yang cakap dan tangkas untuk menanggulangi masalah yang terus menggerogoti bangsa Indonesia ini. Para pemuda harus punya jiwa nasionalisme, semangat yang kuat dan etos kerja yang tinggi serta harus dapat mewarisi ketiga butir sumpah pemuda, yaitu :
 Kami Putra-Putri Indonesia mengaku bertumpah daraah satu, tumpah daarh Indonesia.
 Kami Putra-Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
 Kami Putra-Putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia.
Mengapa pada ketiga butir Sumpah Pemuda tersebut digunakan kata Indonesia atau mengerucut pada kata Indonesia ? Karena Indonesialah yang mempersatukan kita diatas perbedaan-perbedaan. Dengan begitu, Sumpah Pemuda juga dapat digunakan untuk mengisi kemerdekaan dan menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia tercinta.
Sumpah Pemuda harus kita jadikan tonggak awal kebangkitan pemuda Indonesia. Sumpah Pemuda berhubungan dengan Bhinneka Tunggal Ika, karena keduanya merupakan alat pemersatu bangsa atas perbedaan suku, ras, agama, bahasa, dll. Lalu, kedua hal tersebut merupakan wujud nyata pengamalan nyata Pancasila sila yang ke-3 (Persatuan Indonesia).
Perbedaan memang wajar, tak ada manusia di muka bumi ini yang tidak sama. Perbedaan merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa supaya kita saling mengisi dan melengkapi satu sama lain.
Marilah kita memberantas kemiskinan yang masih menjamur di negeri ini. Mudah-mudahan melalui Pemilu 2009 nanti, kita mendapatkan pemimpin yang dapat meneruskan semangat Sumpah Pemuda dengan lebih memperhatikan rakyat, sehingga nantinya diharapkan akan tercipta bangsa yang aman, dama, sentosa, sejahtera, dan makmur.
Semoga negara kita menjadi Negara yang Baldatun thoyyibatun wa Robbun Ghofur.

MUHAMMAD AMIN

Minggu, 11 Januari 2009

Misteri 25 dan Zaa Peare


                                      
Q mau critain dikit tentang angka 25. angka 25 ini sangat aneh namun nyata bagiku. Banyak hal yang Q temui itu dengan angka 25. pertama, lahirku tanggal 25 Pebruari 1994, truss nenekku meninggal tanggal 25 Agusus 2004, setelah sakit selama kurang lebih 15 hari di rumah. Yang selanjunya adalah ayahku kalau membeli minyak tanah itu pasti 25 liter. Kemudian lagi, Q pernah beli jam tangan di toko itu harganya adalah 25.000 rupiah. Aneh bukan, namun akhirnya setelah Q analisis, baik juga angka 25 Q jadikan untuk apa gitu, angka ini Q jadikan nomor punggung kostum sepakbola asrama Q. skarang kita beralih pada masalah lain, yaitu nama sejarah nama keren Q, yaitu, Zaa Peare. Kalian taw, kenapa Q make’ nama itu sbagai nama keren Q ? pasti bingung ‘kan, kok bisa namanya Muhammad Amin kok nama kerennya jadi Zaa Peare. Nich, Q critain asal muasalnya ya ! gini, ini bermula saat Q mau nentuin nama kosum bal-balan asrama Q. awalnya Q bingung, cari nama siapa ya, masak mau pake’ nama orang, kalo giu bisa jadi namanya ngece dong. Ya ‘kan ? trusss Q mutar otak, Q mikir lagi, kalo pake’ nama Q ndiri, nanti malah ketawan identitas asli Q. whereas, yang Q inginkan itu adalah identitas asli Q tidak diketahui secara pasti. Kok jadi malah kayak penjahat gini, sich. Ok dech Q lanjutin lagi, sejarahnya. Akhirnya Q muter-muter nyari nama merek barang 1 asrama Q dan setelah lama nyari akhirmya Q dapein nama Forza dan Peare, tapi yang Peare itu sebetulnya tulisannya Pearl, tapi, ya karena namanya buru2 jadi Q simpulkan itu mereknya adalah Peare. Nah, kedua nama itu Q gabungkan, setelah dipikir2 kok, nama keren Q panjang bgt sich, akhirnya terpaksa dech, Q singkat yang depan hanya dengan nama Za aja. Jadi hasilnya nama keren Q Za-Peare. Nama itu yang akhirnya terus q pake’ untuk nama kostum asrama Q.     

MUHAMMAD AMIN
Back to top