Kamis, 09 April 2009

Pemimpin Yang Baik


Seorang ustadz ketika sholat jum’at berkhutbah tentang ciri2 pemimpin yang baik. Apa aja sich sebenarnya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar memimpin dengan baik dan benar. Inilah ciri2nya :
1.suka berbagi (terbuka) dengan yang dipimpinnya.
Maksudnya apa? maksudnya adalah pemimpin iu suka berbagi, kalau ada permasalahan yang berkenan dengan yang dipimpinnya, ia bersikap terbuka, tidak menutup diri, mau menerima kritik, usulan dan lain sebagainya dari yang dipimpinnya.
2.Suka bangun malamPemimpin yang baik cirinya adalah suka bangun malam untuk meminta kepada Allah supaya yang dipimpinnya selalu dalam keadaan sehat sepanjang hidupnya. Meminta perlindungan kepada-Nya agar selalu diberkati kepemimpinannya. Meminta petunjuk untuk menyelesaikan sesuatu yang sedang terjadi dengan yang dipimpinnya. Bukan malah pmenjadi pemimpin yang suka tidur, bangun molor, tidak memperhatikan yang dipimpinnya. Kalau begitu mana bisa maju negara kita ini.

3.Suka memberi
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang suka memberi bukan pemimpin yang suka menuntut hak yang dipimpinnya agar pemimpin itu mendapatkan apa yang diinginkannya. Kalau begitu sama saja dengan lintah darat, menjadi orang yang sukanya meminta kepada orang lain. Semestinya para pemimpin itu malah memberi apa yang menjadi kebutuan dan keinginan yang dipimpinnya, misalnya bahan baker alternatif, dsb.
Itulah sediki cuplikan khutbah seorang kyai ketika sholat Jum’at. Semoga pemimpin yang mempunyai kriteria di atas dapat menjadi pemimpin yang lama dinanti-nantikan oleh bangsa Indonesia.
Source: Khotbah Jum’at

MUHAMMAD AMIN
Lokasi: Bojonegoro, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar