Selasa, 11 Februari 2014

,

Budaya Berdo'a Sebelum Belajar yang Harus Dibiasakan

       Ada satu hal yang kadang terpikirkan oleh otakku ini. Kangen rasanya dengan aroma pesantren, madrasah yang setiap kali pelajaran akan dimulai selalu membaca Al-Qur’an dan berdo’a. Teramat jarang bahkan susah hal itu kudapati di bangku kuliah yang meski notabene kampusku berlebel Islam. Entah kenapa hal ini mengusik pikiranku. Mungkin karena kenangan itu sudah terlalu lama terpatri sehingga ketika direcall kembali pada saat ini akan melahirkan sebuah kebimbangan dan kekuranglengkapan bila hal itu tidak dilaksanakan.
       Menurut pengamatanku, dua hal itu begitu baik untuk dibiasakan sejak dini sampai kapan pun. Kedua hal itu akan membawa dampak baik yang mungkin hasilnya tak terlalu kentara semacam uang, jabatan, dsb. Tetapi, lebih dari itu semua, ada satu hal yang akan didapat yaitu kemanfaatan suatu ilmu yang akan kita pelajari. Bila segala sesuatu diawali dengan sebuah munajat kepada Ilahi Rabbi, terlebih ditambah dengan adanya tilawah Al-Qur’an entah satu halaman, dua halaman, satu maqra’, atau terserah lah berapa. Hal ini juga sejalan dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan juga sering kita jumpai pada lagu-lagu religi.
       Oleh karena itu, hendaknya kita sebelum belajar, kita berdo’a dan alangkah lebih baiknya bila kita punya wudhu sehingga bisa membaca Al-Qur’an karena kita dalam keadaan suci. Mari senantiasa membiasakan hal-hal baik meski tampak remeh. Karena meski amalannya kecil dan remeh tetapi bila disertai dengan adanya kekonsistenan atau keistiqomahan dalam melakukannya, tentu akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.


Lokasi: Bojonegoro, جاوة الشرقية، إندونيسيا

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar