Rabu, 12 Februari 2014

,

Nikmatnya Mencari Ilmu

       Rasulullah bersabda : "Mencari ilmu wajib atas setiap muslim" 
[Hadits shahih li ghairihi, diriwayatkan Ibnu Majah (no. 224), dari jalur Anas bin Malikradhiyallahu’anhu. Hadits ini diriwayatkan pula oleh sekelompok para shahabat, seperti Ali bin Abi Thalib, ‘Abdullah bin ‘Abbas, ‘Abdullah bin ‘Umar, ‘Abdullah bin Mas’ud, Abu Sa’id Al-Khudriy, Al-Husain bin ‘Ali, dan Jabir radhiyallahu’anhum. Para ulama ahli hadits telah menerangkan jalur-jalur hadits ini dalam kitab-kitab mereka, seperti: Imam As-Suyuthi dalam kitab Juz Thuruqi Hadits Tholabil Ilmi Faridhotun ’Ala Kulli Muslimin, Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Al-Wahiyat (I/67-71), Imam Ibnu ‘Abdil Barr dalam kitab Jami’ Bayanil ‘Ilmi wa Fadhlihi (I/69-97), dan Syaikh Al-Albani dalam kitab Takhrij Musykilah Al-Faqr (hal. 48-62)]

       Dari hadits di atas dapat disimpulkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan kita sebagai seorang muslim untuk mencari ilmu. Muslim disini tidak terbatas hanya pada kaum laki-laki saja tetapi setiap orang Islam baik laki-laki maupun perempuan. Berikut akan saya berikan keterangan mengenai keutamaan dalam mencari ilmu. 
1. Dengan mencari ilmu, kita memberantas kebodohan pada diri kita sehingga nantinya kita bisa dibanggakan oleh Allah sebagaimana firmanNya "... Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al-Mujadalah : 11).
2. Orang yang mencari ilmu, malaikat memberikan padanya sayap sebagai penghormatan dan juga makhluk yang ada di dalam air dan udara akan mendoakannya. "Selamat datang buat penuntut ilmu, sesungguhnya orang yang menunut ilmu itu akan dikelilingi para Malaikat, mereka mengepakkan sayap-sayapnya di atasnya. Mereka saling susun menyusun sehingga sampai ke langitu karena cinta mereka kepada pa yang dituntut.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
3. Orang yang mencari ilmu, ia akan berada di jalan Allah sampai ia kembali pulang. ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)
4. Orang yang mencari ilmu akan dimudahkan jalannya menuju Syurga Allah. ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Itulah beberapa keutamaan seorang penuntut ilmu. Maka dari itu patutlah dan seharusnya kita senantiasa mengobarkan semangat membara ketika mencari ilmu. Akhirnya, semoga segala ilmu yang kita dapatkan akan bermanfaat fiddiini waddunyaa wal aakhiroh. 

Lokasi: Bojonegoro, جاوة الشرقية، إندونيسيا

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar