Sabtu, 20 September 2014

, ,

Pancaran akhlaqmu mengalahkan ayumu


       Acapkali diri ini memandang pada wanita yang berkelebat di depan mata. Bila sudah bertemu kedua mata ini, maka akan terasa lain bila diri ini menatap seorang wanita hafidzoh misalnmya, atau yang baik akhlaknya. Maka, langsung kupalingkan muka ini karena takut terjerumus oleh pesonanya. Sungguh, wanita menjadi satu cobaan yang terberat bagi laki-laki sesuai dengan pesan Baginda Nabi Muhammad SAW. Sehingga, sudah barang tentu, lelaki yang tak kuat iman dan pendirian dapat dengan mudah terbawa arus alias pikirannya terus terfokus pada wanita, wanita, dan wanita. 
       Wanita memang diciptakan oleh Allah SWT sebagai penghias dunia ini. Tanpanya, generasi penerus sebuah bangsa tak akan ada. Tanpa keberadaan wanita yang baik dalam sebuah negara, disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa bangsa tersebut akan buruk secara keseluruhan. Oleh karena itu, hormatilah wanita. Muliakan ia, berikan hak-haknya agar kau tak mudah terjerat pada wanita yang buruk akhlaknya. 
       Salah satu kriteria dalam menentukan calon pendamping hidup bagi seorang laki-laki adalah agama yang berarti akhlaknya. Dengan mengedepankan aspek akhlak dalam diri seorang wanita, maka sesungguhnya seorang lelaki sudah mendapat satu poin penting dalam mengarungi kehidupan berumahtangga. Akhlaq yang baik akan mendatangkan ketenangan jiwa, keberkahan rezeki, keluasan ilmu, kesetiaan tiada kira, serta berbagai nikmat lain yang tentunya sangat indah. Karena hal itu sebagaimana yang diungkapkan suatu riwayat "Beruntunglah dengan yang baik agamanya (akhlaknya)". 
       Pancaran akhlak atau budi pekerti seorang wanita akan mengalahkan pesona ayu wanita yang tak berakhlak mulia. Syukur alhamdulillah bagi laki-laki yang mendapat keduanya. Sungguh, syurga dunia telah didapatkannya. Tinggal bagaimana ia mengelola semua itu sesuai ketetapan dan syariat Allah SWT dan sunnah rasulNya. Pada intinya, wanita berakhlak mulia merupakan satu investasi dunia sekaligus akhirat yang tiada tara. 

MUHAMMAD AMIN
Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar