Reuni Kedua Angkatan 20 MAN 3 Malang #Koncosaklawase


     "Berdamailah dengan masa lalu, jadikan masa lalu sebagai pijakan 'tuk melangkah pasti menuju masa depan bahagia" 
       Event reuni angkatan 20 MAN 3 Malang digelar meriah hari ini, Sabtu (26 September 2015). Event ini dihadiri sekitar 70 orang alumni dari berbagai kota di Indonesia. Bahagia sekali rasanya saya dapat bertemu dengan kawan-kawan lama, wajah-wajah baru, style penampilan yang WAW. Ada yang tetap 'alim seperti dahulu kala, bahkan lebih 'alim. Ada yang kerudungnya menurut saya kurang syar'i, ada yang rambutnya gondrong, dsb. Terlepas dari itu semua, kami bisa berkumpul dan bersua kembali setelah sekitar 2 tahun terakhir kami tak bercengkrama seindah hari ini. Momen ini begitu berharga bagi kami. 
       Saya datang pukul 9 lebih beberapa menit. Sesampaiku di pintu PSBB, kulihat pagar ditutup. Akhirnya kuputuskan menuju kantin, bertemu Kak Faisal Pramuka, lantas naik ke lantai 2 lewat greenhouse karena akses utama menuju PSBB di lantai 1 dipakai penyembelihan hewan qurban. Sampai di depan ruang PSBB, ada banner tapi dari kayu dan tentunya handmade berisikan lambang angkatan 20 yukqurban, kemudian di bawahnya tertulis "Konco Sak Lawase" yang dibuat dari tali pramuka. Sungguh kreatif teman-temanku ini. Diri ini merasa senang dan bangga memiliki teman-teman semacam itu. 
       Tak lama berselang, keluar dari ruang PSBB Apik, Nisa, Rasyidah, Titin. Lalu, hampir bersamaan datang pula Dila, Zian, disusul kawan-kawan lainnya dari berbagai kelas. Aku sempatkan untuk berfoto dengan kawan MABIku, lalu aku pun foto sendiri. Lantas beberapa menit kemudian, aku menuju ke ruang utama, aula PSBB lantai 2. Di pintu masuk sudah ada Titin dan Rasyidah sebagai penerima tamu dan membagikan kotak berisi jajanan. Kuisi namaku sesuai kelas yang ada. Tepat di sebelah meja penerima tamu, terdapat foto kawan-kawan masa MAN yang sengaja dicetak hitam putih untuk mengesankan "iki lho rek foto jaman jadule awak dewe". Di sebelah kanan itu terdapat 2 papan berdiri dan dilapisi dengan kertas karton coklat yang mana kami yang datang bisa membubuhkan tulisan disana. Hitung-hitung sebagai tanda bahwa kami telah hadir dalam reuni kali ini. Di sebelah kanan 2 papan tersebut terpampang juga foto jadul kami meski kulihat kebanyakan adalah foto anak IPA dan IPS. Tapi tak apalah, mereka juga kawan-kawanku. Di depan foto-foto itu terdapat bawang-barang antik seperti telepon, radio, kamera, video zaman dahulu yang pada akhirnya kutahu bahwa itu semua milik cafe teman Miftahuddin. Oh ya, di tangga menuju lantai 2 terdapat rumbai-rumbai segitiga terbuat dari kertas lipat yang dirangkai dengan benang. It's so beautifu;l Sempat terbayang, andaikan ini malam hari lalu ditambah lampu-lampu bernuansa romantis berwarna merah, coklat, dsb. Oh, so romantic ever. 
       Setelah puas melihat-lihat dan membubuhkan pesan serta tanda tangan di papan yang disediakan, aku langsung mengambil tempat di kursi sebelah kanan agak depan di sebelah Muhaimin yang sudah terlebih dahulu datang. Kami bercerita kesana kemari. Lalu, kami pun berbaur menjadi satu dalam perbincangan hangat dengan kawan-kawan lama yang berdatangan satu persatu sampai pukul 10.45. 10.45 acara dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC Bagas dan Ojik. Usai itu, Ziinatul Millah, teman sekelasku dahulu melantunkan kalam Ilahi dengan begitu merdu, dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna yang juga dipimpin oleh Zian. Namun, karena kurang khusyuk dan khidmat, pembacaan Asmaul Husna itu terpaksa berhenti di tengah jalan karena Zian sendiri sedikit tertawa dan menjadi tidak konsentrasi. Mungkin juga karena gugup sebab sudah lama tak berdiri dan berbicara di depan banyak orang.  
       Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Miqdad selaku ketua angkatan 20 dilanjutkan dengan sambutan dari Ikatan Keluarga Alumni MAN 3 Malang, pak Sugeng dan disusul dengan pesan siswa yang diwakili mantan ketua OSIS 2011, Yudha Pradana. Acara berjalan dengan lancar. Selanjutnya adalah penampilan dari Anisa dan Zaki. Mereka berdua membacakan puisi tentang mengenang masa SMA yang begitu menyentuh dan terkadang membuat tertawa. Usai itu, acara dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah ISHOMA, kami masuk ruangan kembali untuk mengikuti games tebak gambar guru dilanjutkan dengan awarding alumni terlambat, terjauh, termetamorfosis, dan terkenang. Aku sendiri dipaksa maju untuk mewakili Hambali yan dapat nominasi terjauh. Ya, semoga aja ini juga doa agar aku segera menyusul Hambali keliling dunia dan kuliah di luar negeri. 
       Memasuki acara yang sedikit serius namun tetap santai yaitu pembahasan agenda angkatan 20 ke depan dan disepakati beberapa hal, yaitu 
1. Tiap alun wajib membayar 25.000 ke rekening angkatan 20 setiap tanggal 11-20 Januari dimulai pada tahun 2016 dst. 
2. Reuni akan diadakan 5 tahun lagi pada 2020, tetapi bila di rentang tahun 2015-2020 ada yang mau ngumpul-ngumpul sendiri per kelas dsb dipersilahkan. 
3. Tahun 2017 dipersilahkan untuk datang di reuni perak 25 angkatan. 
4. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk #20charity yang bertujuan untuk membantu kawan-kawan kita yang tertimpa musibah. 
5. Dibentuk koordinator kelas guna mempermudah jaringan komunikasi dalam hal memberikan informasi. 
Itulah beberapa poin penting dari kumpul pembahasan agenda angkatan 20 beberapa tahun ke depan. Acara dilanjutkan dengan foto bersama selama setengah jam. Acara formal pun usai. Beberapa teman satu per satu meminggalkan ruangn aula PSBB untuk pulang atau mungkin ada agenda lainnya. Sementara itu, kami para koordinator kelas berkumpul bersama ketua angkatan, Miqdad untuk membahas agenda-agenda dan tugas dari koordinator kelas setelah keluar dari ruangan ini. 
       Selepas itu, kami yang tersisa di aula PSBB bahu membahu membersihkan dan merapikan aula PSBB sebagaimana penataan awal sebelum kami menggunakan aula PSBB ini. Di situ tersisa Aku, Titin, Rahma Nur Ilma, Bagas, Sandi, Yudha, Bagus, Aminuddin, Miqdad. Pukul 16.30 aku pamit pulang. What a amazing event ever ... Selepas itu, foto-foto baik di BBM, twitter, facebook, instagram, WA, Line semuanya mengupload foto-foto selama kegiatan reuni 20 berlangsung. Semoga persahabatan ini tak lekang oleh waktu ya kawan sampai ajal memisahkan kita semua. 
#KONCOSAKLAWASE #20YUKDULIN #20YUKQURBAN #FRIENDSHIP #REUNI 

MUHAMMAD AMIN     
       

Komentar