Jumat, 25 September 2015

,

Tips Mengatur Waktu bagi yang ngaku "Super Sibuk"

       Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir di UIN Maliki Malang, saya mau berbagi sedikit tips tentang bagaimana memanagemen waktu yang baik bagi siapa saja yang katanya "SUPER SIBUK". Benarkah Anda super sibuk? Atau jangan-jangan Anda hanya jadi orang yang "SOK SIBUK"? Hati-hati, keduanya beda jauh lho. Ok, langsung aja, berikut beberapa tips dari saya pribadi untuk mengatur waktu kalian biar lebih efektif menjalani hari-hari kalian. 
1. Cobalah untuk membuat jadwal kegiatan rutin kalian mulai bangun tidur sampai tidur lagi selama seminggu penuh. 
2. Untuk jadwal-jadwal kegiatan lain yang rutinan selain di daftar kegiatan nomor 1 tolong kalian letakkan di bawah daftar kegiatan no. 1 ya. 
3. Jangan lupa tuliskan tanggal dan bulan di jadwal harian kalian, kalau perlu pakai jam sekalian. 
4. Bila ada jadwal-jadwal dadakan, langsung saja tulis dalam daftar kegiatan kalian di daftar kegiatan no. 2. 
5. Alokasikan waktu yang tepat untuk setiap kegiatan yang Anda agendakan. 
6. Patuhi apa yang telah kalian buat. 
7. Bila ada jadwal kegiatan yang bertabrakan, cobalah untuk memprioritaskan kegiatan yang benar-benar penting untuk dihadiri, sedangkan kegiatan lainnya Anda bisa komunikasikan dengan rekan Anda yang kebetulan hadir di agenda tersebut. Anda bisa memintanya untuk menceritakan hasil kegiatan atau rapat dari rapat yang tidak dapat Anda hadiri tersebut. Dengan begitu, Anda tetap akan bisa mengendalikan semua agenda yang telah Anda rencanakan. 

Untuk tahap awal, memang ini sedikit susah. Perlu adanya paksaan dari dalam diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang dianggap orang "sepele" ini. Tapi, sesungguhnya, dengan melakukan hal-hal di atas, Anda secara tidak sadar telah membuat kehidupan Anda menjadi lebih teratur setiap harinya, dan saya yakin Anda dapat dengan cepat merealisasikan mimpi-mimpi Anda di masa mendatang. 
SALAM SUKSES SANG PEMBELAJAR. 
Lokasi: Bojonegoro, Bojonegoro Sub-District, Bojonegoro Regency, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar