Senin, 09 Januari 2017

,

Notulensi Seminar Online Esai 1


Berikut adalah tanya jawab dalam semina online tentang Esai bersama kak Didit (09/01/2017)

1. Baik terima kasih. Saya mau bertanya kak. 
Biasanya jurnal/media/website apa saja yang bisa memuat essay kita?
Jawab
Saya jawab langsung ya. Biasanya surat kabar suka itu publish esai dan artikel juga. Terus biasanya ke penerbit. Kalo mau tanpa profit, bisa di kompasiana, bahkan blog temen temen sendiri terus pake sistem search engine optimization biar bisa dapet profit. Bisa juga. Memang kalo denger selintas. Hubungannya apa?Ribet sebenernya kata beberapa org. Tapi kalo dijalanin. Mudah sebenernya. 


2. Kak bagaimana caranya biar kita bisa memenangkan perlombaan buat ide seperyi ide ttg IT? Sebljmnya makasih banyak buaf kk moderator, dan yang kedua ide apa aja yang udah kak buat selama ini, dan tolong jelazkan bagaimana kakak bisa menemukan ide itu dan apa udah teraplikasikan dengan baik ide" kakk tersebut ? Yang ketiga apa ide kak untuk tahun ini? Gimana juga cara kak berusaha mewujudkn ide kak di tahun ini? Makasikak     mohon dijawab
Jawab
1. Gmn menang? Harus sesuai dengan kriteria juri. Kriteria penilaian mutlak dalam perlombaan, yg paling penting, orisinalitas sama juga elaborasi yg baik.
2. Ide ya? Mulai dari Sistem Pembelajaran Student Teach Student, Gagasan Pusat Riset Mikrobiologi, Keberagaman dalam MEA, Pabrik Obat Rumput Laut Karawang. Nah srmua itu kan susah langsung ya. Nah salah satu caranya kalo boleh jujur ya dari Komunitas yang skrg ngadain seminar ini. 
3. Tahun ini pelan pelan ide untuk memaksimalkan pengembangan kewirausahaan yg jatuhnya mengembangkan potensi lokal akan dimulai dan didit berharap bisa terlaksana 10 thn kedepann. Untuk pembelajaran ini salah satu cara untuk mengupdate sistem pembelajaran juga. Jadi Intinya NPIC adalah Wadah untuk merealisasikan semua itu tapi secara tidak langsung. Esai kan dibuat berdasarkan tema yang sudah ada. Nah kita cari ide baru yang terkait dgn tema itu. 

3. Elaborasi itu apa kak?
Biasanya essay dibuat minimal berapa lembar kak?
Kakak pernah buat essay untuk resolusi pemerintah?
Jawab
Esai resolusi pernah bikin. Itu waktu SEALS saya bikin. Tadinya semua esai kami dijadikan prosiding dan diajukan ke pemerintah serta dibagikan ke umum. Cuma sampe saat ini belum ada kabar. Saya bikin esai resolusi pake bahasa inggris tapi ga terlalu address pemerintah juga sih...Elaborasi itu padu padan kalimat isi dan konteks menjadi argumen dan serangkaian argumen yg padu dan sesuai isi yang bertujuan menguatkan.

4. Buat kak didit pernah gak ngalamin kesulitan bikin esai atau gagal gitu ? Trus gimana cara anda buat ngembalikan semangat dalam terus berkarya ?
Jawab
Ketika ga lolos, evaluasi, ubaha cara. Jadi evaluasinya ya nulisnya bener engga. Terus isinya bener ga. Orisinil ga idenya. Sistematikanya gimana. Semuanya dipertimbangkan.

5. Kak,apakah dgn rajin mengikuti kompetisi essay baik it tingkatnya dr yg dasar sampai nasional bahkan internasional,dapat membuat pikiran in menjadi kritis sebagai mahasiswa?dan kira2 apakah karya essay jg harus semuanya diabdikan ke Indonesia?
Jawab
Kritis itu bisa dicapai ketika argumentasi bisa dilatih. Menulis melatih critical thinking. Menulis juga menuntut kita melihat sekitar kita. Kalo bisa kita bangsa indonrsia karyanya untuk bangsa indonesia

6. Kak gimana si caranya biar bisa dapet ide buat nulis, berbagai cara di lakukan kadang susah banget giliran udah nemu nggak nyambung sama ide sebelumnya, padahal hobiku baca novel sama nonton film tapi kok masih susah ya dapet inspirasi buat nulis, kasih tips nya dong kak? Makasih
Jawab

Ya go out from the comfort zone. Mulai liat dunia masyarakat secsra nysta. Liat permasalahan di masyarakat. Nanti dapet ide sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar