TIPS Mengerjakan Skripsi


      Banyak yang bertanya kepada saya mengenai bagaimana sih agar selesai mengerjakan skripsi tepat waktu. Maka, pada posting kali ini saya mau share sedikit mengenai tips mengerjakan skripsi yang saya lakukan sendiri beberapa waktu lalu, berikut tipsnya: 
1. Masalah dalam penelitian adalah yang paling Utama 
      Bagi saya, juga menurut dosen-dosen yang saya temui mereka mengatakan bahwa satu hal penting dari sebuah penelitian, termasuk skripsi adalah permasalahan. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan permasalahan apa yang akan dibahas di dalam skripsi. Permasalahan ini bisa didapatkan melalui wawancara, angket, observasi, atau pun dokumentasi. Misalkan saya sendiri mengamati dan melakukan wawancara dengan murid serta guru Bahasa Arab di MAN Bangil dan saya dapati mereka sangat butuh kamus untuk memudahkan pembelajaran bahasa Arab.
2. Temukan teori yang relevan dengan masalah tersebut
      Setelah permasalahan didapatkan, tentunya diperlukan teori-teori untuk mendukung permasalahan tersebut. Lalu, dari teori tersebut kita bisa menentukan kemana penelitian kita akan bermuara. Temukan metode yang tepat. Metode tersebut akan menuntun Anda berada di atas track yang benar. Dari hasil observasi dan wawancara pada langkah 1, akhirnya saya cari referensi yang mendukung terkait buku ajar, kamus, buku pendukung pembelajaran, dan tentu saja metode penelitian dan pengembangan dari berbagai sumber cetak maupun elektronik. 
3. Tentukan judul
      Bagi saya menentukan judul tidak berada di urutan pertama. Judul didapatkan dari permasalahan yang kita temukan di lapangan lalu kita rumuskan dengan kata-kata yang mengisyaratkan metode yang digunakan serta biasanya disertai dengan objek atau lapangan penelitian. Dari langkah 1 dan 2, saya rumuskan judul yang akhirnya berbunyi “Pengembangan Kamus Buku “Duruus Al-Lughah Al-Arabiyah di tingkat Aliyah (Penelitian dan Pengembangan di MAN Bangil” (dalam bahasa Arab). 
4. Susunlah rencana penelitian dalam bentuk proposal
      Buatlah proposal dengan berbekal buku panduan cetak maupun elektronik, atau biasanya kampus memiliki panduan tersendiri bagi mahasiswanya agar semua mahasiswa mengikuti standar kampus tersebut. Mulai dari bab 1 dengan mengungkapkan beberapa teori terkait penelitian yang akan kita laksanakan. Selain itu yang lebih penting adalah menghadirkan permasalahan disana yang didapat dari observasi, wawancara, dst. Ungkapkan secara gamblang dan temukan gap atau sesuatu yang perlu dibenahi sehingga menarik kita untuk menelitinya. Gap adalah jarak antara teori di berbagai referensi dengan kenyataan di lapangan. Panjang dari latar belakang sebenarnya relatif. Saya sendiri hanya sekitar 2,5 halaman. Akan lebih baik bila bisa ditampilkan table yang menunjukkan gap tersebut. 
      Pada pembahasan selanjutnya, ikuti panduan dari buku atau buku panduan dari kampus Anda masing-masing. 
5. Jangan pernah lupakan skripsi Anda barang sehari
      Kalau ingin cepat selesai, kuncinya dari satu hari kita ada yang dilakukan terkait dengan skripsi kita. Misalkan hari ini mencari referensi di perpus, besok menulis 1 paragraf, besoknya lagi membuat daftar pertanyaan wawancara, dst. Dengan begitu, maka tidak terasa skripsi kita akan cepat terselesaikan. 
6. Konsultasikan skripsi secara rutin
      Secara kasat mata, pastinya dengan berkonsultasi skripsi kepada pembimbing kita maka kita akan lebih banyak mendapatkan perbaikan dengan segera. Kabar baiknya adalah dengan sering berkonsultasi, in sya Allah pembimbing akan senang dan biasanya lebih mudah ketika di ujian skripsi nanti. 
7. Sabar menghadapi pembimbing 
      Namanya pembimbing ya macam-macam kepribadiannya. Ada yang mudah ditemui, ada yang tidak. Ada yang senang ditemui di rumah, tetapi ada yang lebih senang ditemui di kampus, dsb. Nah, kita sebagai mahasiswa bimbingannya harus mengetahui terlebih dahulu karakter dari dosen pembimbing kita masing-masing. Entah dari sisi kesukaan, minat, dll. Dengan begitu saya yakin, pembimbing akan lebih senang ketika membimbing kita karena kita terlihat memperhatikan kesehariannya. 
8. Tetap seimbangkan semua usaha dengan do’a dan shalat jama’ah 
      Bagaimana pun usaha kita untuk mengerjakan skripsi secepat mungkin, tetap libatkan Allah di dalamnya. Bila mendapat kemudahan, beryukurlah kepadaNya dan bila menemui kesulitan maka bermohonlah kepadaNya. Dengan usaha seimbang antara fisik dan batin in sya Allah akan lebih cepat dan dimudahkan dalam mengerjakan skripsi. 
9. Temukan partner yang sevisi
      Bila Anda bukan termasuk kalangan mahasiswa yang pintar di bidang tertentu, tentunya Anda perlu berbincang dan mencari partner yang sevisi dalam mengerjakan skripsi. Cari kawan-kawan yang skripsinya sebidang dengan kita, misalnya kita cari teman-teman kita yang sama-sama meneliti dengan metode RnD, dst. Dengan begitu, kita bisa saling bertukar informasi, bertukar referensi, dan juga bertukar pikiran serta saling memberi semangat satu sama lain ketika kita sedang berada pada tingkat kemalasan akut misalnya. 
10. Minta doa orang tua
      Doa orang tua selalu penting. Apa pun yang kau lakukan usahakan mendapat restu dan doa dari keduanya. Doakan juga mereka semoga senantiasa diberikan kesehatan prima sehingga bisa mengantarkan kita sampai pada tangga kesuksesan. Bagi kita yang orang tuanya sudah meninggal, doakan mereka dan mungkin Anda bisa meminta restu kepada paman atau bibi Anda.
      Mungkin itu 10 langkah mengerjakan skripsi versi saya sendiri. Saran saya tentukan langkah-langkah mengerjakan skripsi Anda sendiri karena sesungguhnya diri Andalah yang paling mengetahui dengan baik seberapa besar kapasitas dan kompetensi Anda. 

Semoga sukses .. Salam inspiratif 


Komentar