Aku Lebih Suka Melakukannya Sendiri Saja


Mungkin sebagian kita tidak sepakat kalau kita harus melakukan tugas-tugas dalam kehidupan ini sendirian. Memang beberapa tugas dapat kita selesaikan sendiri. Tetapi pada beberapa hal yang bisa dilakukan dengan banyak orang, saya lebih suka melakukannya sendiri saja.


Sebagian dari kalian mungkin bertanya. Apa alasannya? Kan kalau dilakukan bersama lebih cepat tercapai apa yang diinginkan. Memang pernyataan tersebut tidak salah, tetapi kita ambil contoh saja dalam dunia perkuliahan. Ada tugas-tugas kelompok yang seringkali hanya dilakukan oleh satu orang saja sedangkan yang lainnya hanya usul, mengetik, mengeprint, cari buku, dsb. Hal itu tidak sepenuhnya salah, tetapi perlu dipahami bahwa dalam tugas kelompok pembagian tugas seharusnya tidak seperti itu. Bagi saya, setiap orang harus menerjunkan dirinya secara total dalam tugas tersebut. Jadi, setiap orang harus tahu akar masalah sampai pada penyelesaian tugas tersebut. Hal ini tidak boleh hanya dilakukan oleh satu orang saja sedangkan yang lain diberi tugas di luar tugas kelompok tersebut yang sesungguhnya hanya sebagai pendukung tugas utama.

Hal itulah yang membuat saya kurang setuju dan lebih suka mengerjakan tugas mandiri saja. Artinya, kalau bentuk tugas kelompok masih seperti yang saya sebutkan pada paragraf sebelumnya, maka saya lebih memilih agar tugas kuliah itu dibuat mandiri saja agar setiap orang mengetahui sejauh mana kapasitas, kepedulian, dan kesungguhannya dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Kalian boleh tidak sependapat dengan saya. Hal itu sah-sah saja. Saya menuliskan ini hanya sebagai renungan dalam hidup agar ketika setiap kita mendapat tugas dalam bentuk kolektif hendaknya pembagian tugas dilakukan sebagaimana mestinya, tidak asal-asalan. Semoga senantiasa dapat memberikan pencerahan.

M. Amin | 25 Maret 2017

Komentar