Senin, 06 Maret 2017

Alihkan Cintamu pada Hal-hal Positif

“Sebarkan aura cinta-cinta positif kepada sekelilingmu dan nikmati indahnya hidup yang kau jalani”
Masih banyak yang salah mengartikan tentang cinta. Cinta oleh remaja seumuranku akan diartikan punya pasangan yang bisa diajak kesana-kemari. Memiliki satu orang istimewa yang katanya bisa selalu menularkan semangat belajar setiap hari. Seseorang yang menurutnya menjadi tempat ternyaman untuk bersandar, mengeluhkan sesuatu dan sebagainya. 

Mereka lupa bahwa Tuhan memberikan fitrah cinta kepada mereka untuk hal-hal yang lebih luas daripada sekadar mengejar nafsu. Memang, unsur nafsu ada dalam diri manusia, tetapi manusia juga diperintah Tuhan dan RasulNya untuk mampu menaham gejolak nafsu tersebut agar tidak kelewatan seperti binatang. Bila rasa cinta itu melahirkan ketaatan pada seorang hamba, maka tingkatan ia bisa melebihi malaikat. Namun, bila nafsu sudah mengendalikan dirinya, maka ia tak ubahnya seperti hewan, bahkan dikatakan lebih hina daripada hewan sekali pun. 

Maka, alangkah lebih baiknya bila kau curahkan rasa cinta itu pada hal-hal yang meningkatkan kualitas dirimu. Kau bisa mengikuti kajian-kajian keislaman. Bertemu para guru-guru dan orang-orang sholih. Sebuah hadits mengatakan bahwa seseorang itu tergantung pada temannya, maka bila ia bersama dengan pedagang minyak wangi, maka lama-kelamaan ia akan tertular bau wanginya. Begitu pula bila ia berkumpul dengan pandai besi, maka bau besi itu tentu akan menempel pada badanmu. 

Selain itu, kau bisa juga bisa mengarahkan cinta yang kau miliki kepada hobi-hobi dan kesukaan yang bisa jadi telah lama tidak kau lakukan. Kau bisa kembali sibuk dan berasyik ria melakukan hobi-hobi itu dengan riang gembira. 

Buat kamu yang suka menulis, coba mulai hari ini tulislah kegiatan sehari-harimu. Bagikan tulisan-tulisan inspiratif penuh hikmah lewat blog maupun sosial media lainnya. Niscaya selain sebagai kebahagiaan bagi diri sendiri, maka manfaatnya bisa lebih dirasakan oleh orang banyak. Maka, kelak kau dapatkan amalan itu yang bisa jadi menuntunmu ke syurgaNya. 

Buat kamu yang aktif sebagai aktivis dakwah, lanjutkan perjuangan mensyiarkan agama Islam di atas bumi Allah ini. Maka, dirimu akan terus menyinari semesta dengan kalam-kalamNya dan juga hadits-hadits NabiNya. 

Buat kamu yang punya kesibukan positif lainnya, lakukanlah. Berbisnis, mengajar anak yatim, dll. Saya yakin selama hawa-hawa positif terus kau sebarkan, maka kehidupanmu akan senantiasa jauh lebih baik dari hari ke hari. Maka, semoga segala usaha untuk menyebarkan cinta-cinta positif selalu mendapat ridho dan rahmat dariNya. 

M. Amin | 13 Mar 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar