Terkadang Lebih Baik Mengalah


Pernahkah Anda berada dalam posisi yang sulit? Posisi dimana Anda dihadapkan pada dua pilihan yang sama-sama kuat. Apalagi bila pilihan itu tidak hanya diarahkan untuk diri kita sendiri, tetapi juga dihadapkan pada orang lain juga. Saya sendiri cukup sering terlibat
dalam perdebatan-perdebatan panjang dalam menentukan pilihan-pilihan dalam sebuah musyawarah. Contoh kecilnya adalah ketika teman sekelas mengajak seluruh anggota kelas untuk jalan-jalan, maka muncullah berbagai pandangan mengenai tujuan jalan-jalan. Dari sana saya lebih banyak mengikuti pilihan teman-teman karena memang saya tidak terlalu suka jalan-jalan. Tetapi karena di kelas tersebut saya bertindak sebagai ketua, saya mencoba mengambil jalan tengah supaya seluruh anggota kelas bisa merasakan kebersamaan tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas.
Sehingga pada akhirnya aku lebih banyak mengalah demi kebersamaan itu. Terkadang kita tidak bisa memaksakan kehendak kita di hapadan banyak orang, Akan selalu ada yang mendukung dan menentang kita dimana pun dan kapan pun kita berada. Maka dari itu, mari menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat orang lain meski terkadang usulan-usulan kita tidak selalu diterima oleh orang-orang di sekitar kita. Pada akhirnya sampailah pada satu kesimpulan bahwa menyatukan ide banyak orang itu memang sulit sehingga lebih baik mencari celah-celah kesamaan demi terwujudnya sebuah kebersamaan.

Sebuah renungan malam.

M. Amin | 20 Mar 2017  

Komentar