Minggu, 30 April 2017

Sabtu, 29 April 2017

Jumat, 28 April 2017

Pesan Untuk Adik Perempuanku


Dik, kuucapkan selamat berkurang tahun untukmu adik perempuanku. Sudah hamper berkepala dua saja usiamu. Izinkan kakak laki-lakimu memberi sedikit nasihat dan pesan guna menjalani kehidupan yang singkat ini. Kakak memang bukan sosok ustadz seperti ayah yang setiap hari berkhotbah. Tapi bukankah setiap orang berhak untuk terus mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran sebagaimana termaktub dalam kitab suci. Kita hanya perlu fokus pada apa yang disampaikan, selama itu baik kita lakukan, dan yang jelek harusnya kita tinggalkan.
.
Continue reading Pesan Untuk Adik Perempuanku

Kamis, 27 April 2017

Rabu, 26 April 2017

Karena Berbagi Tak Pernah Rugi


Dalam Islam diajarkan konsep berbagi atau biasa disebut sedekah. Berbagi tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kelebihan harta, ilmu, tenaga, dsb, bahkan yang tidak memiliki apa pun masih disuruh berbagi. Misalnya dengan senyum, karena senyum adalah sedekah. Berbagi tak melulu soal uang, ada banyak hal lain yang bisa dibagikan bagi mereka yang membutuhkan, agar kehidupan mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Continue reading Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Selasa, 25 April 2017

Dilema


Seorang pemuda yang baru saja mendapat gelar sarjana berniat mengabdi di pondok pesantren. Pondok tersebut pada beberapa tahun sebelumnya juga pernah ia tinggali. Sesungguhnya sudah lama keinginan itu ia pendam, namun baru kali ini nampaknya ia mendapat restu dari pimpinan pondok untuk mengabdi, setidaknya selama satu tahun.
.
Continue reading Dilema

Senin, 24 April 2017

Jangan Sampai Ada dan Tiadamu Sama Saja


Hidup di dunia memang hanya sebentar. Dikatakan seperti orang yang mampir ngombe (mampir minum) belaka. Sadarkah kita akan hal tersebut? Lalu, apa saja yang telah kita lakukan selama hidup di dunia ini? Sudahkah keberadaan kita begitu dirasakan oleh banyak orang? Atau bahkan hadir dan tidaknya kita sama saja? Atau na’udzubillah malah dibenci?
.
Continue reading Jangan Sampai Ada dan Tiadamu Sama Saja

Minggu, 23 April 2017

Sabtu, 22 April 2017

Jumat, 21 April 2017

Masih Tentang Hujan Sore Tadi


Mungkin tak ada yang berbeda dari hujan tadi sore. Suaranya seakan mengalirkan kembali kerinduan yang telah lama hilang. Aroma hujan bercampur tanah berlumpur membangkitkan memori indah di antara kita berdua beberapa saat yang lalu. Sejenak kuperhatikan jatuhnya rintik satu per satu. Rinainya terlampau lebat dan mampu membuat hati ini berkali-kali jatuh pada hati yang sama, pada nama yang terus saja didengarkan semesta.
Continue reading Masih Tentang Hujan Sore Tadi

Kamis, 20 April 2017

Rabu, 19 April 2017

Selasa, 18 April 2017

Milikilah Karakter dan Skill Untuk Menunjang Masa Depanmu!


Punya pengetahuan saja tidak membuatmu hidup dengan nyaman. Mungkin kau bisa memiliki pangkat dan jabatan tinggi di sebuah perusahaan, tetapi tanpa karakter dan skill yang kau miliki, kau tak akan bertahan lama. 
Seorang pemilik perusahaan diberikan pilihan ketika penerimaan karyawannya,
“Siapakah yang Anda utamakan antara orang pintar tapi suka berbohong, dan orang jujur tetapi tidak terlalu pandai?”
Continue reading Milikilah Karakter dan Skill Untuk Menunjang Masa Depanmu!

Senin, 17 April 2017

Catatan Perjalanan Malang-Bojonegoro (8 Jam)


Mungkin perjalanan lima hari lalu menjadi perjalanan terlama dari Malang ke Bojonegoro yang pernah kutempuh. Hari itu kuputuskan pulang mengingat liburan akan segera berakhir. Lagipula sudah dua bulan aku tidak pulang ke kampung halaman, jadi kurasa taka da salahnya untuk pulang sejenak. Sore itu, usai mengumpulkan tugas UTS ke beberapa dosen di kampus kukendarai motor menuju terminal. Jalanan Malang selalu saja padat dan rapat. Setengah jam kemudian aku baru
Continue reading Catatan Perjalanan Malang-Bojonegoro (8 Jam)

Minggu, 16 April 2017

Kuasailah Bahasa Asing!


Hari-hari ini saya mendapat tugas salah satu matakuliah dimana sumber yang digunakan adalah berbahasa Inggris. Alhamdulillah, meski sedikit lebih lambat, tetapi selesai juga tepat pada waktunya. Saya berpikir bagaimana kalau kita tidak menguasai Bahasa asing di era globalisasi ini. Tentu kita akan tertinggal dari bangsa-bangsa lainnya dalam banyak hal. Di era global, rasa-rasanya menguasai Bahasa Inggris sudah menjadi suatu keharusan agar tidak mudah ditipu dan digerus putaran roda zaman. 
Continue reading Kuasailah Bahasa Asing!

Sabtu, 15 April 2017

Ambil Tantanganmu dan Bertanggungjawablah!


Sang pemuda semalam mengikuti rapat bersama takmir masjid. Tujuan rapatnya adalah membentuk susunan panitia Ramadhan dan Idul Fitri. Setelah menunggu sekitar setengah jam, rapat pun dimulai. Setelah membahas berbagai hal terkait sarana prasarana masjid dan juga kegiatan-kegiatan untuk memberikan pelayanan prima kepada jama’ah, akhirnya dirapatkanlah susunan panitia. Diawali dari bendahara yang setiap tahun selalu diambil
Continue reading Ambil Tantanganmu dan Bertanggungjawablah!

Jumat, 14 April 2017

Jangan Sukses Kalau Tak Kuat Dicaci!


Seorang pemuda mendapat tugas untuk menuliskan sebuah artikel guna mengisi rubrik pondok pesantren. Ia kerahkan kemampuannya sekuat tenaga untuk membuat artikel sebaik mungkin. Ketika menyunting tulisannya, tiba-tiba dari belakang salah seorang rekan kerja nyeletuk 
“Jangan Jadi Muslimah Loyo? halah kayak sudah tahu aja kayak gimana muslimah loyo”. Ucapnya seraya tertawa kecil. 
Continue reading Jangan Sukses Kalau Tak Kuat Dicaci!

Kamis, 13 April 2017

Rabu, 12 April 2017

Selasa, 11 April 2017

Senin, 10 April 2017

Terbelenggu Rindu


Jujur aku benci rasa ini. Rindu tak berkesudahan pada seseorang yang aku sendiri tak pernah tahu siapa dia. Kerinduan akan pertemuan dengannya membuat hati terasa pilu. Serasa teriris sembilu. Sudah lama aku menunggu akan hadirnya impian menjadi nyata, tetapi harapanku hilang tatkala realita tak lagi sejalan dengan selaras dengan harapan dalam dada.
Continue reading Terbelenggu Rindu

Minggu, 09 April 2017

Nggak Pakai Tapi dan Nanti


Jangan katakan dua kata yang benar-benar menghalangi diri kita untuk terus maju dan berkembang. Kedua kata itu adalah tapi dan nanti. Tapi gantilah dengan kata justru karena dan sekarang. Jangan lagi katakan “tapi kan saya masih muda, nggak punya uang, mana bisa saya punya kehidupan yang membahagiakan?” atau “santai saja lah, nikmati masa muda ini, masa yang cuma sekali. Masalah cari uang nanti saja kalua udah umur 30”. 
Continue reading Nggak Pakai Tapi dan Nanti

Sabtu, 08 April 2017

Jumat, 07 April 2017

Kamis, 06 April 2017

Rabu, 05 April 2017

Mengapa Hidup harus Terjadwal?


            Bagi kalian yang mengaku sok sibuk dan tak punya waktu, cobalah menepi dari kesibukan kalian, lalu carilah tempat sepi dan mulailah merenung. Tanyakan pada hati terdalam kalian apa benar saya sangat sibuk hari ini? Apa benar saya tidak punya waktu luang lagi untuk mengejar mimpi yang tak kunjung terwujud dan terjebak rutinitas sepanjang hari?
Continue reading Mengapa Hidup harus Terjadwal?

Selasa, 04 April 2017

Gak Usah Banyak Alasan!


Salah satu sifat orang yang susah untuk sukses adalah mereka yang selalu mencari alasan ketika mereka menerima amanah atau diberi suatu pekerjaan yang harus diselesaikan. Misal saja tugas UTS yang harusnya dikumpulkan minggu depan, masih minta diundur lagi. Padahal sudah jauh-jauh hari tugas UTS tersebut diberitahukan. Mereka akan mengeluarkan 1001 macam alasan. Secara tidak sadar, alam bawah sadar mereka tidak pernah berada di bawah tekanan. Mereka terlampau nyaman dengan apa yang mereka jalani sekarang. Tak mau sesekali melompat lebih tinggi, melebihkan usaha agar hidup ini lebih bermakna.
Continue reading Gak Usah Banyak Alasan!

Senin, 03 April 2017

Minggu, 02 April 2017

Sabtu, 01 April 2017

Podcast Sang Pembelajar