Berhijablah Duhai Wanita


Duhai wanita, gerangan apakah yang membuatmu sampai saat ini masih belum mau menutup aurat dengan sempurna? Alasan apa lagi yang akan kau utarakan demi menolak perintah yang jelas datang dari Tuhan?

Saya kadang heran dengan perilaku wanita muslimah yang masih belum mau menutup auratnya sesuai syariat Islam. Duhai wanita, hargailah dirimu sendiri bila kau ingin dihargai oleh sekitarmu. Ada yang bilang menunggu hidayah. Ada yang beralasan kebiasaan. Ah, saya kira itu hanya alasan-alasan untuk menunda menutup auratnya secara sempurna. Banyak yang lulusan pesantren, tampilannya berubah drastis. Tak mau lagi ia kenakan rok panjangnya. Ia ganti dengan celana jeans yang katanya kekinian. Jilbabnya tak lagi sepanjang masa mondok. Kini, jilbabnya penuh dengan lilitan kesana-kemari yang katanya modis. Duhai wanita, sekali lagi sayangilah dirimu dengan menutup aurat itu.
Perintah Tuhan telah begitu jelas dalam kitab-Nya. Perintah itu menggunakan fi’il amr (kata perintah dalam Bahasa Arab). Makna dari sebuah perintah adalah wajib dilaksanakan. Namun perlu diingat, setelah berhijab pun, berbagai tuntutan secara tidak langsung disematkan pada wanita. Dengan hijabnya, seorang wanita harus senantiasa menjaga akhlaknya. Hal ini tidak berarti bahwa yang tidak berhijab bisa seenaknya sendiri. Yang belum berhijab jangan sampai menjadikan hijab alasan untuk menghalangi dari berbuat kebaikan.
Duhai wanita, hijabmu menjaga harga dirimu. Dengan hijabmu kau secara tidak langsung telah membantu lelaki supaya matanya tidak jelalatan kesana-kemari mencari mangsa. Jangan jadikan hijab sebagai penghalangmu untuk berprestasi. Justru dengan berhijab tunjukkanlah kepada dunia bahwa yang berhijab pun bisa berkompetisi di berbagai bidang. Artis, politik, olahraga, maupun bidang-bidang lainnya. Intinya bagi para wanita yang belum berhijab segeralah memperdalam kembali pemahaman-pemahaman keislaman, begitu pun yang telah berhijab semoga selalu diberi keistiqomahan untuk selalu menebar kebaikan di sekelilingnya.

M. Amin | 1 Apr 2017

Komentar