Rabu, 26 April 2017

Karena Berbagi Tak Pernah Rugi


Dalam Islam diajarkan konsep berbagi atau biasa disebut sedekah. Berbagi tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kelebihan harta, ilmu, tenaga, dsb, bahkan yang tidak memiliki apa pun masih disuruh berbagi. Misalnya dengan senyum, karena senyum adalah sedekah. Berbagi tak melulu soal uang, ada banyak hal lain yang bisa dibagikan bagi mereka yang membutuhkan, agar kehidupan mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya.

.
Rumus berbagi dalam Islam tidak seperti rumus matematika. 1+1=2, 1-1=0. Itu rumus matematis. Tetapi dalam berbagi Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261 bahwa setiap yang dinafkahkan di jalan Allah seumpama butir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir seratus biji. Nah, coba kita hitung 1-1 = 1x7x100=700. Selain itu, Allah masih berjanji untuk melipatgandakan jika Allah menghendaki. Subhanallah. Betapa besar pahala yang diberikan oleh Allah bagi siapa saja yang mau berbagi kepada sesama.
.
Maka, tak ada lagi alasan untuk tidak mau berbagi. Mungkin sedikit ilmu yang kau punya bisa menjadi begitu berharga bagi yang lain. Kita tidak pernah tahu seberapa besar manfaat keilmuan kita kalau belum kita amalkan, dan salah satu cara mengamalkannya adalah dengan cara mengajarkannya kepada orang lain alias berbagi. Jadi, mulailah berbagi dari sekarang, dan rasakan perubahan dalam hidupmu.
.
@muhamin25 | 26 April 2017
Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar