Mulai dari Dirimu Sendiri!


“Sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (Q.S. Ash-Shaff: 3). Mari sejenak merenungkan arti ayat ini. Kalam Allah yang cukup sering menampar diri kita sebagai pribadi yang tidak melakukan apa yang telah dikatakan.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita menimbang matang-matang ketika mengajak orang lain berbuat sesuatu. Tanyakan pada diri sendiri apakah hal tersebut sudah dilakukan? Bila belum, maka lakukanlah terlebih dahulu. Baru kemudian ajaklah orang lain sambil terus istiqamah melakukan hal baik. Sepatutnya kita meniru pribadi Rasulullah SAW yang selalu berinisiatif melakukan kebaikan dahulu sebelum mengajak sahabat-sahabat beliau untuk melakukan hal serupa. Begitulah seharusnya menjadi seorang teladan.

Bila diri kita ingin menjadi teladan bagi orang lain, awalilah dengan menjadi teladan bagi diri sendiri. Bila kita telah mampu melakukannya, bolehlah kita mengajak orang-orang di sekeliling kita untuk melakukan hal yang sama. Ingatlah bahwa bahasa perbuatan berkata lebih lantang daripada sekadar bahasa lisan. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan hal-hal positif dari diri sendiri, sebarkan virus-virus positif dalam kehidupan kepada sekitar dan rasakanlah perbedaannya.   


M. Amin | 7 April 2017

Komentar