Nggak Pakai Tapi dan Nanti


Jangan katakan dua kata yang benar-benar menghalangi diri kita untuk terus maju dan berkembang. Kedua kata itu adalah tapi dan nanti. Tapi gantilah dengan kata justru karena dan sekarang. Jangan lagi katakan “tapi kan saya masih muda, nggak punya uang, mana bisa saya punya kehidupan yang membahagiakan?” atau “santai saja lah, nikmati masa muda ini, masa yang cuma sekali. Masalah cari uang nanti saja kalua udah umur 30”. 

Banyak orang secara tak sadar telah menanamkan dalam dirinya yang disebut dengan mental-block. Apa itu? Mental-block adalah satu istilah untuk menggambarkan kondisi kondisi seseorang yang mengalami hambatan pada mental dan psikologisnya, yang pada akhirnya membuat mereka tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya sehingga hasil akhir yang mereka dapatkan adalah kegagalan. 

Dalam kehidupan ini, seharusnya seseorang mampu menghapuskan mental-block ini agar kehidupannya terus berjalan dengan baik. Lalu bagaimana caranya? Salah satunya adalah melakukan sugesti positif terhadap diri sendiri. Misalkan setiap bangun tidur katakan pada diri Anda “saya bisa, saya kuat dan saya bahagia, dan saya akan melakukan yang terbaik hari ini untuk masa depan cerah”. Dengan begitu, maka terbangun suatu citra positif diri. Hal ini akan tercermin pada perilaku kita dalam satu hari tersebut. Ketika kita dihadapkan dengan masalah yang cukup pelik, maka kita akan menghadapinya dengan sabar. Ketika kebahagiaan yang sudah lama kita idam-idamkan nyatanya tak segera terwujud, maka kita mencoba menciptakan kebahagiaan versi kita sendiri, meski bagi orang lain hal tersebut belum mampu dikatakan bahagia. 

Isi hari-hari kita dengan hal-hal positif. Jangan sampai hal-hal negatif membelenggu aktivitas kita. Ingat bahwa hal-hal negatif lebih cepat menular entah dari diri sendiri maupun orang lain, daripada energi positif. Maka, jangan pernah hiraukan perasaan-perasaan negatif dalam diri kita. Cukup fokus pada citra positif dalam diri, niscaya hawa-hawa positif tersebut akan terus menguasai diri dan alangkah lebih baiknya bila virus positif tersebut bisa dirasakan orang-orang lain di sekitar kita. Maka, sekali lagi katakan “Justru karena saya masih muda, saya berhak untuk kaya, saya berhak untuk bahagia. Saya akan memulai usaha-usaha mencapai impian saya sekarang juga. Tidak ada kosakata tapi dan nanti dalam kehidupan saya” 
Salam inspiratif. 
M. Amin | 10 April 2017

Komentar