Nilai-nilai Kehidupan dalam Pramuka


“Tepuk Pramuka, (prok prok prok) PRA… (prok prok prok) MU… (prok prok prok) KA… (prok prokprok) PRAJA MUDA KARANA.” Teriak seorang Pembina pramuka kepada anggota pramuka pada sesi latihan rutin setiap Sabtu siang. 

Saya yakin, mayoritas dari kita yang pernah mengenyam pendidikan sekolah, setidaknya pernah ikut atau minimal tahu dengan pramuka. Di beberapa sekolah, pramuka memang menjadi salah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa. Mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, sampai tingkat universitas. Bahkan, kabar terbaru ada pramuka keluarga yang anggotanya mulai dari bayi usia 3 bulan sampai dewasa. 
.
Lalu, apa sih istimewanya pramuka dibandingkan ekskul-ekskul lainnya? Bukannya sama saja ya? Eits, tunggu dulu. Baiknya kita simak bersama apa saja nilai-nilai yang sesungguhnya ditanamkan dalam kegiatan pramuka. Pertama, pramuka mengajarkan kedisiplinan. Seorang anggota pramuka harus senantiasa siap dan sigap dalam mengikuti kegiatan yang diagendakan. Kedua, sikap siap dipimpin dan memimpin. Dalam pramuka biasanya ada pembina dan anggota. Ada pula ketua regu dan anggota regu. Nah, semua ini mengajarkan bagaimana seseorang harus selalu siap dipimpin oleh orang lain dan siap juga untuk memimpin orang lain. Ketiga, belajar ilmu komunikasi ala detektif. Dalam pramuka diajarkan bagaimana mengirim pesan kepada kawan melalui semaphore dan berbagai macam sandi. Hal ini kadangkala diperlukan terutama ketika keadaan genting, seperti situasi perang dsb. Pesan-pesan rahasia tetap dapat disampaikan dengan baik dan tidak dikethui oleh musuh, tentunya kedua belah pihak baik pengirim pesan dan penerima pesan memahami cara berkomunikasi melalui semaphore dan sandi. Keempat, berbahagia. Kegiatan di dalam pramuka disamping unsur kedisiplinan yang dianggap mirip dengan militer, namun banyak pula yang mengajarkan kita untuk hidup berbahagia, tertawa bersama kawan. Betapa tidak? Ada banyak lagu dan yel-yel yang dibuat dalam rangka merekatkan hubungan antar anggota pramuka. Jargon-jargon juga dibuat supaya kekeluargaan semakin terasa di antara anggota pramuka itu sendiri. Bukankah dalam kehidupan ini yang kita cari adalah kebahagiaan hidup? Nah, belajarlah dari pramuka. Kelima, kerjasama. Dalam menyelesaikan sebuah masalah dalam pramuka, seorang anggota pramuka sejati tentunya dituntut untuk mampu bekerjasama dengan orang lain. Tidak lagi mengedepankan ego dan mengutamakan saling mengalah demi tercapainya sebuah tujuan bersama. 
.
Banyak orang yang belum mengetahui seluk beluk nilai-nilai yang terkandung dari pramuka. Padahal, dalam kehidupan sesungguhnya bersama masyarakat, kita akan senantiasa dihadapkan pada masalah-masalah pelik yang kadang-kadang penyelesaiannya harus melalui musyawarah. Dari penatnya kerja seharian kita juga perlu sejenak menepi untuk mencari kebahagiaan dan ketenangan hidup. Entah dengan membaca buku, menulis, atau sekadar bersantai sambil meneguk segelas kopi hangat. Intinya, banyak sekali nilai-nilai kehidupan yang dapat diaplikasikan dari pramuka dan sangat berguna ketika kita tinggal di tengah masyarakat. Akhirnya, banggalah pernah mengenyam pendidikan pramuka. Semoga semangatmu senantiasa kuat dan kokoh seperti cikal bakal dalam dada.  
Salam Pramuka! 
@muhamin25 | 23 April 2017

Komentar