Pesan Untuk Adik-adik Kelas Tercinta


Dik, bolehkah kakakmu ini memberi sedikit pesan kepadamu? Adik bisa membacanya saat ini juga atau kapan pun yang adik mau. Mungkin pesan ini sudah sering adik dengar, tapi semoga dengan semakin diulang, kakak harap pesan-pesan ini semakin mengakar kuat dalam pikiran dan hati adik-adik.

Dik, selamat kakak ucapkan karena kalian telah lulus dari sekolah ini. Sekolah yang juga menjadi almamater kakak beberapa tahun yang lalu. Kalian patut berbahagia dan berbangga. Bahagia karena usaha kalian selama tiga tahun ini terbayar lunas dengan kelulusan. Bangga karena mampu mengenyam pendidikan menengah ini di sekolah yang cukup bonafit. Kakak harap adik-adik tak lupa bersyukur karena tiga tahun yang lalu adik telah menyisihkan ribuan orang yang juga sama ingin bersekolah di sini.
.
Dik, mungkin sebagian besar kalian akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dimana pun itu, kakak harap semoga adik senantiasa ingat pada amanah orang tua, menggenggamnya erat-erat, berusaha melaksanakannya sekuat tenaga, dan jangan pernah sekali-kali mengkhianatinya. Bagi adik-adik yang belum diterima, teruslah berjuang. Jalan masih panjang. Percayalah bahwa takdir Allah selalu baik bagi hamba-Nya. Jangan pernah terbersit dalam benak adik-adik bahwa Allah tidak adil. Teruslah berprasangka baik kepada Allah. Semoga apa pun yang dijalani adik-adik di hari depan senantiasa diridhoi oleh-Nya.
.
Dik, kehidupan di kampus adalah cerminan masyarakat dalam lingkup kecil. Adik-adik harus cepat beradaptasi. Berusaha mewarnai, jangan mau hanya diwarnai. Menjadi mahasiswa adalah satu tanggung jawab besar dari masyarakat. Kakak mohon adik-adik tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan ini. Kehidupan era digital ini begitu menyilaukan mata, sesekali menjerumuskan jiwa. Sudah banyak yang jatuh menjadi korbannya, semoga adik-adik tidak termasuk di dalamnya.
.
Dik, pelajarilah banyak ilmu. Tidak hanya ilmu dari dalam kelas, tetapi juga ilmu-ilmu di luar kelas. Berorganisasilah, bacalah banyak buku, menelitilah. Namun, jangan pernah lupakan pondasi keimanan yang harus senantiasa tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Istiqomahlah untuk sholat berjamaah. Selalu sediakan waktu untuk membaca Al-Qur’an. Ingat, bahwa kesuksesan hadir tidak hanya melalui usaha lahiriyah, tapi juga batiniyah. Bermimpilah yang tinggi, atur waktu dengan baik dan teruslah berusaha untuk mewujudkan impian-impian tersebut.
.
Akhirnya, semoga adik-adik menjadi insan-insan pengemban amanah Allah sebagai pemakmur muka bumi-Nya. Semoga perjalanan adik-adik di hari kemudian menjadi perjalanan menuju kesuksesan dunia dan akhirat. Kakak hanya bisa berpesan. Adik-adiklah yang menjadi penentunya. Apakah pesan-pesan kakak hanya menjadi kicauan semata, atau benar-benar mau diaplikasikan dalam kehidupan nyata.
.

@muhamin25 | 27 April 2017

Komentar