Teliti Lebih Dahulu!


Beberapa hari yang lalu, ada sesuatu yang tak dinyana terjadi. Ternyata seorang dosen salah paham mengenai jadwal yang telah ada. Akhirnya, yang kena imbas mahasiswanya. Sudah kadung menunggu lama, eh, ternyata gak datang. Nah, itulah salah satu penyakit dalam diri yang disebut kurang teliti.

Manusia memang tempat salah dan lupa. Tapi kalau lupa terus itu juga keterlaluan. Teliti pun seperti itu. Seharusnya setiap kita memiliki sikap teliti dalam keseharian kita. Banyak di antara kita yang malas sekali untuk diajak teliti. Dikasih tugas analisis buku untuk teliti sedikit sudah menggerutu. Disuruh meneliti lebih mendalam tentang sesuatu sudah tidak mau. Yah, bagaimana mau maju jika kesehariannya semacam itu?

Banyak orang hidup terlalu menggampangkan. Mengambil garis besarnya dan tak mau sedikit lebih meneliti lebih dalam. Padahal ketika mau meneliti sesuatu lebih mendalam tentu akan didapati hal-hal unik yang tak diduga sebelumnya. Sikap teliti ini perlu dimiliki guna menjauhkan diri dari senjata makan tuan. Maksudnya akibat dari ketidaktelitian itu kita sendiri yang akan menanggungnya. Nah, contohnya ketika seorang asisten disuruh bosnya untuk menguhubungi klien untuk bertemu pada Senin, 11 April 2017 pukul 10.00, ternyata si asisten menuliskan pesan kepada klien untuk hadir pada Selasa, 11 April 2017 pukul 10.00. Lihat, sepele bukan. Alhasil, si bos memarahi si asisten karena kurang teliti dalam mengatur jadwal dengan klien. Nah, hanya karena ketidaksesuaian antara hari dan tanggal saja sudah bisa mencelakakan diri sendiri, apalagi urusan yang lebih besar dari itu. Maka dari itu, semoga kita dapat memupuk sikap teliti dalam keseharian kita. Contoh kecil cobalah membuat perencanaan harian atau buatlah daftar tugas yang harus kalian selesaikan dalam seminggu. Jangan sampai salah tanggal, hari dan jam ya. Niscaya dari hal kecil itu, in sya Allah kalian akan belajar bagaimana ketelitian begitu menentukan kesuksesan-kesuksesan yang lebih besar. Lalu, jangan lupa cek dan cek lagi. Kerapkali kita terlalu percaya dengan jadwal yang sudah ada, eh, setelah dicek ternyata salah. Jadi, tunggu apalagi? Mulai bersikap teliti sekarang juga.

M. Amin | 14 April 2017 

Komentar