Tepatilah Janji-janjimu!


Kawan, berapa kali kau berjanji selama hidup? Lebih banyak mana antara yang kau tepati dan yang kau khianati? Renungkanlah. Semoga lebih banyak yang kau tepati.
Hidup ini memang penuh dengan janji-janji. Entah janji pada diri kita sendiri, orang lain, atau sampai Tuhan sekali pun. Tetapi masih banyak juga di antara kita yang belum mampu menepati janji-janji yang telah kita buat. Lalu, apa sih alasannya? Ya, ada yang alasan bertabrakan dengan hal lain, ada yang karena malas, dsb.

Sesungguhnya harga diri seseorang dapat dilihat dari seberapa banyak ia menepati janjinya. Bila ia sekali saja berkhianat, maka sesungguhnya orang lain tidak akan mempercayainya lagi. Ibarat kertas putih yang awalnya rapi tanpa adanya lipatan di sana-sini, lalu kita remas dan kita buka remasan kertas itu, maka tak akan dapat lagi untuk kembali menjadi kertas yang tanpa lipatan seperti sedia kala. Maka dari itu, cobalah untuk terus menepati janji yang kita buat. Jangan sampai kita seperti mendapat senjata makan tuan, karena ketika kita mengkhianati janji, sesungguhnya kita sendiri yang akan menanggung ruginya.

Menepati janji dan mengemban amanah dengan baik seharusnya menjadi penghias setiap insan di dunia ini. Nisacaya dengan begitu, dunia akan terasa damai dan sejahtera.

M. Amin | 3 April 2017

Komentar