Adab Bertamu


Bagaimana rasanya bila kau kedatangan tamu orang asing, lalu tinggal bersama selama lebih dari 3 hari? Akankah kau menyuruhnya membantu pekerjaan rumah? Atau mungkin menyuruhnya pulang di hari keempat? 
.
Begitulah kira-kira fenomena yang pernah terjadi pada salah satu keluarga akhir-akhir ini. Keluarga tersebut awalnya begitu welcome dan ramah, tetapi melihat tamunya tidak segera pulang tentu keluarga tersebut merasa terganggu dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Sebagai tamu, hendaknya ia juga tahu diri untuk tidak terus-terusan tinggal di rumah orang lain lebih tiga hari. 
.
Ini bukan masalah boleh atau tidak boleh tinggal di rumah orang lain lebih dari tiga hari, tetapi lebih kepada aturan Islam dalam hal bertamu sebaiknya tidak lebih dari tiga hari. Sebagai sesama muslim kita tentu harus saling menghormati satu sama lain. Maka dari itu, bila kau memang mau bertamu ke rumah orang lain dalam jangka waktu lebih dari tiga hari, coba untuk minta izin dahulu kepada tuan rumah. Bila diizinkan sampai berapa hari. Dan bila memang sudah sampai pada batas waktu terakhir untuk bertamu, maka segeralah pulang supaya tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti omongan tidak enak di belakang, dsb. Semoga niat baik silaturrahim kita kepada saudara sesama muslim tetap sesuai dengan koridor yang telah ditetapkan oleh syariat supaya tidak timbul hal-hal negatif di kemudian hari. .

Komentar