Buat Rencana B, C, Dan Seterusnya


Seorang santri datang kepada seorang ustadz muda dan bertanya mengenai proposal kegiatan yang akan dilaksanakan dua bulan lagi. Ia mengadu bahwa sekretarisnya sulit diajak bekerjasama. Ustadz muda berkata kepadanya,

“Nak, bekerja bersama orang lain memang tidak selalu mudah. Tetapi terus saja membuat alasan tidak akan menyelesaikan pekerjaanmu. Duduklah bersama sekretarismu dan temani ia sampai proposal kegiatan tersebut selesai, paham?”
“Insyaallah paham ustadz”
Dalam kehidupan, tidak selamanya apa yang direncanakan berjalan dengan mulus. Sesekali batu sandungan hadir untuk menguji seberapa kuat komitmen kita terhadap apa yang akan kita lakukan. Maka, sudah selayaknya kita mempersiapkan berbagai perencanaan lain sebsgai alternatif bila satu rencana kita gagal di tengah jalan.
Namun, yang sering menjadi masalah adalah banyak orang tidak menyiapkan alternatif tersebut, sehingga ketika rencananya tidak sukses, ia langsung saja menyerah pada keadaan dan tak mau melakukan kegiatannya lagi. Intinya, jangan terlalu banyak alasan, siapkan selalu banyak alternatif rencana dari kegiatan kita dan laksanakan urutan rencana alternative tersebut bila rencana utamamu berhenti sebelum semuanya selesai.       

@muhamin25 | 4 Mei 2017

Komentar