Kenapa Dahulu Tidak Serius?


Beberapa jam yang lalu, seorang kawan meminta tolong menerjemahkan teks pembawa acara wisuda tahfidz quran dan hadits. Saya tidak masalah menerjemahkan teks dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab. Yang mau saya soroti adalah kenapa dulu ketika belajar mata kuliah terjemah tidak serius? Baru terasa kan sekarang betapa hal itu dibutuhkan? 

Nah, banyak mahasiswa ketika sudah lulus menjadi sarjana mengeluh tidak dapat pekerjaan. Sebenarnya sudah banyak ilmu yang mereka kuasai, namun hal itu tidak banyak mereka praktekkan. Atau karena semasa kuliah dulu sekadar mengisi absen agar tidak mendapat nilai D. Pada intinya mereka asal kuliah. Akhirnya penyesalan di belakang mereka dapatkan. 
.
Jadi, mumpung masih ada kesempatan sebelum lulus menjadi sarjana, magister atau doktor, manfaatkanlah waktu semasa kuliah dengan baik. Perdalam keilmuan dan praktekkan sesuai bidang keilmuan Anda. Maka, kelak banyak orang akan mencari Anda tatkala gelar telah dikukuhkan dengan nama Anda. Jadilah lulusan yang terus menebar manfaat. 
.
@muhamin25 | 9 Mei 2017

Komentar