Komitmen Terhadap Kesepakatan


Saya yakin kalian pernah ikut sebuah perkumpulan lantas merapatkan sesuatu. Entah rapat tentang program kerja, pengadaan kegiatan, dsb. Sebagai konsekuensinya, maka kalian harus melaksanakan kesepakatan rapat tersebut. Tetapi banyak kita perhatikan di sekeliling bahwa teman-teman masih acuh tak acuh dan tak mau tahu terhadap pelaksanaan hasil kesepakatan rapat di lapangan.
Dalam demokrasi ada prinsip musyawarah. Maka, setelah mengemukakan pendapat di hadapan peserta rapat lalu diadakan rembug untuk kemudian diambil keputusan, maka sebagai peserta rapat yang baik tentunya kita harus melaksanakan hasil rapat dengan penuh tanggung jawab. 
.
Banyak dari kita tidak menggubris bila seseorang mengingatkan tentang tanggung jawab kita dalam melaksanakan hasil rapat. Mereka melontarkan berbagai alasan sebagai pembelaan diri. Seharusnya hal tersebut tidak dilakukan. Kalau seseorang berani ikut bermusyawarah harus berani melaksanakan apa yang menjadi kesepakatan bersama. Bila tidak, maka bersiaplah untuk mendapat sanksi sosial berupa pengucilan dari masyarakat misalnya dst. 
.
@muhamin25 | 18 Mei 2017

Komentar