Renggut Hati Murid-muridmu


Bagi seorang guru, selain pandai menguasai berbagai materi yang akan disampaikan kepada murid, perlu juga memiliki keterampilan lain. Salah satunya adalah mendapatkan hatinya murid. Maksudnya? Ya, tidak sekadar mengajar untuk mentransfer materi, tetapi ada daya tarik dari dalam diri guru yang membuat murid senang belajar. Keterampilan ini mungkin tidak banyak dibahas di bangku kuliah, tetapi ketika praktek dalam dunia pengajaran amat diperlukan. 

.
Lalu, bagaimana cara mencapainya? Saya sendiri sedang mempelajari bagaimana merenggut hati murid-murid saya ketika mengajar. Memang tidak mudah, tetapi tidak ada sesuatu yang tidak mungkin bila kita mau berusaha. Salah satu yang sedang saya upayakan adalah memiliki gaya mengajar yang khas. Beberapa bulan terakhir, saya mencoba melemparkan joke-joke supaya suasana kelas lebih hidup. Meski nyatanya hal itu belum sepenuhnya berhasil. 
.
Cara lainnya adalah punya kepribadian menarik. Menarik di sini tidak diukur dari ketampanan atau kecantikan, atau dari jumlah pengikut Instagram. Kepribadian menarik lebih fokus kepada bagaimana seseorang mampu menampilkan sisi-sisi kebaikan internal kepada orang lain. Tidak bertujuan untuk sombong, tetapi lebih kepada menunjukkan integritas diri. Dengan kepribadian menarik, saya percaya cepat atau lambat ciri tersebut akan menancap dalam otak dan hati murid-muridmu.
.
Hari-hari ini, penulis merasakan sendiri sedikit perubahan dalam diri murid-murid yang penulis ajar. Meski hanya sapaan, senyuman, dan tawa mereka yang membuat kelas menjadi cukup ramai, saya kira satu tahap awal sudah didapat. Tinggal bagaimana selanjutnya. Itulah sedikit cara bagaimana merenggut hati murid. Mungkin masih ada banyak cara lainnya. Silahkan dicari dan diaplikasikan sendiri. Semoga yang sedikit ini menjadi renungan bagi pribadi maupun pembaca sekalian.   
.
@muhamin25 | 15 Mei 2017

Komentar