5 Tarbiyah dalam Ramadhan


Pagi ini seorang ustadz menyampaikan kultum subuh tentang 5 tarbiyah (pendidikan) dalam Ramadhan. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Tarbiyah Ruuhiyah. Inilah esensi puasa. Puasa memberikan pendidikan mental spiritual kepada hamba Allah yang beriman. Ada satu hadits yang artinya, dalam diri manusia terdapat segumpal daging, bila ia baik maka baiklah jasad seluruhnya. Tetapi, bila ia buruk, maka buruklah seluruh jasadnya. Ingatlah, ia adalah hati. Maka, di dalam Ramadhan ada banyak ibadah yang dapat dilakukan. Kita diminta membaca Al-Qur’an, qiyamul lail, rajin ke masjid, berdoa, berdzikir, bertaubat, dsb. Puasa adalah perisai. Dan kelak hati-hati yang bersih akan kembali berjumpa kepada Allah sesuai firman-Nya dalam Al-Qur’an yang artinya, kecuali mereka yang datang kepada Allah dengan hati yang bersih (selamat).
2. Tarbiyah Khuluqiyah (moral, akhlaq). Dalam Ramadhan, kita diminta untuk bertutur sopan, berkata baik, mengendalikan nafsu, tidak memfitnah, tidak mengadu domba. Maka, harapannya keluar dari Ramadhan, hal-hal tersebut dapat diteruskan dan dilanjutkan.
3. Tarbiyah Ijtima’iyyah (sosial kemasyarakatan). Dengan berpuasa, kita mengetahui bagaimana rasa lapar dan haus orang yang tidak memiliki apa-apa untuk dimakan dan diminum. Kalau kita mungkin masih punya sesuatu untuk dimakan dan diminum ketika sahur dan berbuka, tapi para fakir miskin dan yatim belum tentu ada. Hal ini mengajarkan kita untuk bersimpati dan berempati kepada mereka. Rasul SAW menyabdakan bahwa siapa saja yang menyayangi anak yatim akan berada dekat dengan Rasul seumpama jari telunjuk dan jari tengah. Jangan sampai kita masuk golongan yang dinafikan dari muslimin, sebab Rasul pernah bersabda, barangsiapa yang bangun pada pagi hari dan tidak mementingkan urusan muslim lainnya, maka ia tidak termasuk di dalamnya.
4. Tarbiyah Jasmani. Sudah begitu banyak penelitian di bidang medis bahwa dengan puasa, seseorang menjadi lebih sehat dalam hidup.
5. Tarbiyah Jihadiyah. Karena banyak perang dilakukan Rasul ketika bulan Ramadhan. Maka, Ramadhan ini layaknya kita berjuang dan berjihad di jalan Allah. Karena sungguh Islam adalah agama aqidah dan jihad.
.

Disarikan dari Kuliah Subuh Masjid Al-Falah MAN 3 Malang, Senin, 5 Juni 2017. 

Komentar