Reuni, Rembuk Untuk Cari Solusi


Reuni keluarga Bani Aminah tahun ini memang tak seramai biasanya. Selain karena memang yang dituakan sudah berpulang ke haribaan-Nya, cucu-cucu yang berdomisili di luar Jawa Timur khususnya masih belum bisa ikut berkumpul. Namun, hal itu tak pernah menyurutkan niat anak-anak dari keluarga bani Aminah untuk mengadakan reuni tersebut.

.
Ada yang berbeda dalam reuni kali ini. Selain rangkaian acara seremonial yang biasanya dilaksanakan, ada pula beberapa usulan yang menurut saya sangat perlu. Salah satu di antaranya adalah adanya grup whatsapp untuk anak-anak dan cucu Bani Aminah dan ada tambahan sumbangan sukarela yang akan digunakan untuk membantu keluarga Bani Aminah yang membutuhkan. Menurut saya, usulan ini cukup bagus. Adanya grup whatsapp atau grup lainnya paling tidak dapat memberikan pertukaran informasi dari keluarga Bani Aminah yang telah berpencar kemana-mana. Ide tambahan sumbangan sukarela juga memang perlu digalakkan melihat potensi anak-anak dan cucu-cucu dari Bani Aminah sebagian besar berada di kalangan menengah ke atas.
.
Ide yang terakhir mungkin dapat diterapkan dalam kehidupan kita yang lebih luas. Misal dalam lingkup RT. Diadakan rapat rutin bulanan setiap tanggal 10 untuk membicarakan permasalahan RT tersebut dan bersama-sama mencari seolusinya. Dapat pula diadakan arisan dan infaq untuk membantu warga RT tersebut yang membutuhkan. Indikator membutuhkan disini tidak selalu yang miskin. Contoh, mereka yang ditinggali warisan ratusan juta oleh orang tuanya dan dapat mengembangan uang tersebut untuk berbisnis tentu sudah mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbeda dengan mereka yang sesungguhnya berkecukupan, tetapi karena musibah, keluarga tersebut harus merogoh kocek yang tidak sedikit sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan selama seminggu. Tentu kategori kedua ini mendapat prioritas untuk dibantu. Maka, semoga usulan-usulan perbaikan secara gotong royong dalam membantu mereka yang membutuhkan dapat terus digalakkan setiap hari.
.

@muhamin25 | 27 Juni 2017

Komentar