Hayo, berani Ambil Tanggung Jawab Baru Nggak?


Semalam, ketika rapat mengenai persiapan tahun ajaran baru berlangsung, saya sedikit kaget dengan keputusan ketua ma’had mengenai penempatan ustadz-ustadzah pada posisi yang dalam beberapa hal memang benar-benar baru. Misal saja saya yang awalnya di konsultan dakwah, kali ini harus memegang tanggung jawab yang lebih besar yaitu menjadi konsultan OSIMA (Organisasi Santri Ma’had). Tetapi, bismillah in sya Allah saya siap mengemban amanah baru tersebut dengan sebaik-baiknya.

.
Banyak orang di sekitar kita yang sudah menyerah sebelum mencoba hal-hal baru yang bisa jadi itu sangat seru, menantang dan tentunya akan ada banyak pembelajaran di dalamnya. Misal saja dia tidak biasa membaca, tetapi suatu waktu karena tugas kuliah ia diharuskan membaca buku setebal 500 halaman dan diminta untuk meresumenya. Nah, baru mendengar tugasnya saja dia sudah tidak ada hasrat untuk mengerjakannya, maka dari mana ceritanya dia akan bisa maju dan menyelesaikan tugas resume tersebut. Kembali ke cerita awal. Selain diamanahi sebagai konsultan OSIMA, saya juga mendapat amanah menjadi pengasuh santri baru. Bagi saya, hal itu tantangan yang sangat boleh untuk dicoba dan dijalani. Toh, saya juga pernah menjadi santri dan pernah mengurus santri sekitar 4 tahun lamanya.
.
Kabar baiknya adalah saya dapat menerapkan ilmu-ilmu yang saya dapat dari bangku kuliah dan juga organisasi yang saya ikuti selama kuliah di ma’had ini. Saya jadi tahu bagaimana berkomunikasi yang baik dengan orang tua santri, bagaimana menghadapi santri yang bandel, bagaimana menyelesaikan berbagai masalah dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, bagaimana mengorganisir suatu pekerjaan agar selesai tepat pada waktunya, dll. Maka dari itu, jangan takut mengambil kesempatan dan tanggung jawab baru. Coba dulu, kalua kesulitan kau bisa bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman pada bidang tersebut. Tidak ada bidang yang tidak bisa dipelajari, yang ada biasanya adalah kemauan yang tidak cukup kuat untuk belajar hal-hal baru. Jadi, sudah siap menerima tantangan-tantangan baru dalam hidupmu? Saya harap kamu tidak pantang menyerah dan mau untuk terus belajar.
.

@muhamin25 | #day13 #dailywritingchallenge #120717

Komentar