Kendalikan Dirimu!


Hari ini adalah ahad pertama bagi santri baru ma’had Al Qalam. Para santri dapat menggunakan hari libur ini untuk mencuci baju, berkegiatan positif di luar pembelajaran sekolah atau izin keluar untuk memenuhi kebutuhan. Setelah dijelaskan mengenai prosedur perizinan semalam oleh bagian keamanan, kini tiba waktunya para santri menggunakan buku tersebut untuk izin keluar.

.
Pagi hari usai subuh, saya sudah menerima sekitar 30 an surat izin atau seperempat dari keseluruhan santri gedung Khurtum yang saya asuh. Aturan main sederhananya adalah bagi santri yang telah keluar pada jam keluar pertama (pukul 07.30 – sebelum dzuhur), maka tidak diizinkan untuk keluar pada jam keluar kedua (bakda dzuhur – sebelum ashar). Namun, sayangnya pada prakteknya masih ada beberapa santri yang telah keluar pada jam keluar pertama berkeinginan untuk keluar lagi bakda dzuhur. Spontan saya menolak izin mereka. Saya ingatkan bahwa aturan tersebut sudah paten dan kalau melanggar silahkan tanggung sendiri hukuman dari bagian keamanan. Akhirnya, mereka pun terdiam dan kembali beraktivitas di ma’had seperti biasanya.
.
Hidup di ma’had harus pandai mengendalikan diri. Tidak semua fasilitas ada. Fasilitas seadanya yang telah disediakan hendaknya digunakan semaksimal mungkin. Pihak ma’had akan terus berbenah dan memenuhi fasilitas yang sekiranya sangat penting dan dibutuhkan oleh santri, bukan fasilitas yang diinginkan santri. Maksud dari ini semua adalah pembelajaran agar para santri terbiasa mengendalikan diri dalam berbagai situasi, terutama situasi terhimpit. Ia tak mudah marah dan gusar ketika keinginannya tak sampai. Ia pun tak mudah berpuas diri tatkala impiannya tercapai. Maka, semoga pembelajaran tersebut dapat ditangkap maknanya oleh santri ma’had Al-Qalam guna bekal masa depan mereka.
.

@muhamin25 | #day17 #dailywritingchallenge #160717

Komentar