Kerja Di Lembaga Harus Siap Dievaluasi


Dalam sebuah lembaga tentu ada sebuah managemen yang dijalankan supaya terselenggara program dan kegiatan dengan baik sesuai tujuan yang diinginkan. Dalam manajemen sederhana terdapat 4 fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Keempat fungsi tersebut dilaksanakan oleh persona atau orang-orang yang menjalankan lembaga tersebut.

.
Saya ingin menitikberatkan pada evaluasi. Setelah sebuah rencana kegiatan dapat dilaksanakan oleh yang bertanggung jawab, maka diadakanlah evaluasi guna mengetahui kekurangan untuk pembelajaran pada kegiatan atau program selanjutnya. Namun, ternyata banyak orang yang alergi dengan evaluasi ini. Mengapa? Sebab, mereka yang bertanggung jawab dalam sebuah program merasa telah bekerja sekeras mungkin untuk mewujudkan program dengan sebaik-baiknya dan tidak mau disalahkan. Tetapi, hendaknya mereka menyadari bahwa sebab bekerja di sebuah lembaga, maka adanya evaluasi menjadi hal lumrah dan wajar guna perbaikan. Mereka tak perlu merasa tersinggung. Para evaluator program mereka sesungguhnya sangat mengapresiasi apa yang telah mereka kerjakan. Namun, kekurangan dari sesuatu akan tampak setelah selesainya sebuah program dilaksanakan. Sebaiknya mereka menerima dengan lapang dada dan berusaha untuk memperbaikinya pada program-program di hari kemudian.
.
Bukankah ayat Al-Qur’an telah menyebutkan untuk merencanakan kegiatan di hari depan. Selain perencanaan yang matang, tentunya ada evaluasi dari pekerjaan-pekerjaan yang telah lalu supaya kesalahan-kesalahan serupa tak terulang dua kali atau dalam bahasa lainnya, jangan sampai terjatuh pada lubang yang sama untuk kedua kalinya. Maka, sudahkah kita mengevaluasi kegiatan-kegiatan kita? Ibadah-ibadah kita kepada Sang Pencipta? Sudahkah terpenuhi semua syarat-syarat yang telah ditentukan oleh-Nya? Semoga sebagai seorang hamba, kita tak pernah bosan untuk mengevaluasi dan bermuhasabah diri guna perbaikan setiap waktunya.
.   

@muhamin25 | #day22 #dailywritingchallenge #210717

Komentar