Pembagian Tugas Itu Penting


OSAMA (Orientasi Santri Ma'had) baru berjalan empat hari, terhitung mulai ahad lalu. Malam ini materinya adalah kesantrian dan keamanan yang akan disampaikan oleh Ustadz Mukhlis selaku penanggung jawab kesantrian dan pernah menjabat sebagai penanggung jawab keamanan. Seperti biasa, saya mendatangi tempat acara untuk mengecek kesiapan panitia untuk melaksanakan agenda malam ini. Sekitar 10 menit saya pastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

.
Saya sendiri tidak menemani panitia dari awal sampai selesai acara. Sebab saya harus menggantikan Ustadz Chandra yang seharusnya menjaga IAC (Internet Access Centre) malam ini, berhalangan karena harus ke rumah sakit. Waktu itu, saya belum menyerahkan tanggung jawab menemani panitia OSAMA kepada anggota-anggota saya. Ustadzah Fithroh tiba-tiba mengirimi saya pesan chat whatsapp bertanya siapa yang menemani panitia OSAMA. Saya jawab bahwa di awal acara, saya menyempatkan diri untuk mengecek acara OSAMA.
.
Setelah menjaga IAC, sekitar pukul 22.15 saya mendapat pesan chat whatsapp dari Ustadzah Mardha bahwa tadi beliau mendampingi panitia OSAMA karena memang beliau juga ada sedikit urusan yang harus diselesaikan dengan panitia. Saya berterimakasih kepadanya. Saya juga memohon maaf sebab tidak memberitahukan terlebih dahulu untuk mendampingi anak-anak padahal OSAMA berjalan hampir seminggu lebih. Ke depan, saya harus membagi tugas untuk mendampingi panitia. Entah itu saya sendiri, Ustadzah Fithroh atau pun Ustadzah Mardha sebagai partner saya di kepanitiaan OSAMA dari unsur asatidz ustadzat. Dalam sebuah tim, Anda tidak dapat bekerja sendirian. Meskipun Anda dapat menyelesaikannya sendirian, tentu akan lebih baik bila suatu pekerjaan dilakukan bersama-sama atau setidaknya ada pembagian tugas yang jelas dari yang paling berwenang di antara anggota tim tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan komitmen untuk menjalankan apa yang telah diamanahkan sebaik-baiknya. Di akhir, dilakukan evaluasi supaya kesalahan-kesalahan yang sama tak terulang kembali dan agenda ke depan berjalan lebih baik lagi.
.   

@muhamin25 | #day20 #dailywritingchallenge #190717

Komentar