Pulang Adalah Kesempatan Emas Berbakti Pada Ortu


Sampai kapan pun pulang ke kampung halaman selalu menyenangkan dan menenangkan. Selain dapat bersua kembali dengan orang-orang tercinta, ada pula kesempatan berbakti pada orang tua.

.
Bagi yang orang tuanya masih hidup, jangan sia-siakan kesempatan untuk berbakti. Bantu mereka menyelesaikan pekerjaan rumah. Jangan mentang-mentang kita pulang beberapa hari saja, kita mau diperlakukan layaknya raja dan seolah-olah menjadikan orang tua kita sebagai pembantu. Naudzubillah. Yang saya amati adalah beberapa anak tak mau lagi pergi ke sawah menyemai benih bersama orang tuanya sebagai petani. Ada pula yang tak mau lagi menjaga warung milik ibunya hanya karena ia sudah sarjana. Tapi, jangan sampai kita menjadi dua golongan terakhir ini. Jadilah anak-anak yang menyejukkan hati mereka dengan mematuhi perintahnya selama tidak melanggar aturan Allah dan rasulNya.
.
Bagi yang orang tuanya telah meninggal dunia, doakan mereka. Jangan terlalu lama bersedih. Bangkit dan berusahalah untuk menyenangkan mereka meski raga sudah tak mampu lagi bertemu seperti dahulu. Teruslah melakukan ibadah-ibadah wajib dan Sunnah, membaca Al-Qur’an, berdzikir, terus menjalin silaturrahim dengan saudara orang tua dan juga koleganya. Maka, tentu orang tua akan sangat bahagia sebab anaknya mau melaksanakan perintah agama dengan seungguh-sungguh.
.
Mulai sekarang, ingat bahwa berbakti kepada orang tua adalah ajang berlomba-lomba dalam kebaikan. Jangan sampai kesempatan itu sirna begitu saja tanpa terasa. Terkadang karena umur kita sebagai anak yang masih merasa muda, kita lupa bahwa seiring kita menuju dewasa, orang tua kita juga menua. Maka, sebelum semuanya terlambat, mari senantiasa menjadi anak yang berbakti, tidak hanya ketika pulang ke rumah, namun juga kapan pun dan dimana pun kita tetap harus mematuhi nasihat-nasihat dan arahan orang tua kita karena orang tua pada dasarnya tak pernah menginginkan kesengsaraan bagi anak-anaknya.
.

@muhamin25 | #dailywritingchallenge #day6 #050717

Komentar