Sesekali Dengarkan Kisah-kisah Rumah Tangga Orang Terdahulu



Saya selalu bahagia tatkala orang tua sudah mulai bercerita bagaimana kakek nenek saya mendidik anak-anaknya. Saya akan memasang telinga baik-baik dan akan diam seribu bahasa mendengarkan dengan seksama. 
.
Kisah-kisah tersebut menjadi inspirasi bagi saya. Mengingat beberapa tahun lagi tentunya saya sendiri juga akan menjalani kehidupan rumah tangga. Kisah tersebut bisa menjadi pembelajaran berharga nanti. Saya coba tulis poin-poin penting yang mungkin sangat sederhana, tetapi karena itu sudah pada tataran aplikatif saya lebih percaya daripada teori yang belum teruji di lapangan. 
.
Mungkin pelaku rumah tangga tersebut bukan seorang ustad kondang yang omongannya didengar jamaah dan direkam lalu diunggah ke akun-akun sosial media seperti sekarang ini, tetapi mereka menerapkan yang diketahui. Meski sedikit, tetapi istiqomah dan dijalankan dengan maksimal. Maka, saya melihat orang tua saya sendiri benar-benar memegang nilai-nilai yang diajarkan orang tua mereka. Hal itu terus ditularkan kepada anak-anaknya. Tentunya dengan tambahan-tambahan ilmu parenting modern dan islami yang didapat melalui dai kondang dan buku-buku yang mereka baca. Maka, jangan bosan dan jangan gengsi untuk mendengar atau meminta pendapat mengenai masalah pernikahan dan pernak-pernik persoalan rumah tangga pada pakar atau orang tua kita sendiri. Ambillah hikmah dan pelajaran-pelajaran penting dari kisah mereka. Bila masih kurang, kau bisa tanyakan pada dai yang telah terpercaya keilmuannya. Semoga dengan begitu, kehidupan rumah tanggamu kelak akan menjadi keluarga impian, keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. 
.

Komentar