Tetap Tenang dalam Kesibukan


Dalam melakukan berbagai kegiatan dalam hidup, tentu pernah di satu saat kita merasakan kesibukan yang rasanya tiada habisnya. Setelah melakukan A, sudah ditunggu meeting B, lalu ditunggu lagi oleh koordinasi C, begitu seterusnya. Lalu, bagaimana respon kita tatkala kesibukan melanda?

.
Ada di antara kita yang sebab kesibukan ini itu sampai melupakan masalah makan dan kesehatan. Sampai pada akhirnya ada yang jatuh sakit dan malah tidak mampu menyelesaikan tanggungan pekerjaan yang menumpuk. Ada pula di antaranya yang terus belajar bagaimana memanajemen semua pekerjaannya dengan baik. Ia baca buku tentang manajemen tugas dan manajemen waktu sehingga semua pekerjaannya selesai tepat waktu. Ada yang memang sudah terbiasa sibuk dan menganggap kesibukan sebagai suatu kenikmatan tersendiri, bahkan menginginkan setiap saat ia berada dalam kesibukan. Sayangnya, tipe terakhir ini tidak banyak dimiliki orang. Kebanyakan mereka mengeluh ketika ada tanggung jawab berlebih yang rasa-rasanya tidak mampu mereka selesaikan, padahal belum dicoba barang lima sampai sepuluh menit.
.
Sikap yang seharusnya dimiliki adalah tetap tenang tatkala kesibukan dating melanda. Hadirnya kegiatan yang padat menandakan kita adalah orang terpercaya. Kita kaum terpilih. Tak banyak orang berani mengambil resiko beban pekerjaan lebih banyak daripada yang kita ambil. Sepatutnya kita bersyukur dan mencoba memanajemen tugas tersebut dengan baik sehingga dapat diselesaikan sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Bukankah ketenangan dan keamanan adalah dua hal yang terus kita perjuangkan dan cari dalam hidup? Maka, hendaknya sikap tenang harus senantiasa menyelimuti diri kita, jangan panik, jangan risau, dan jangan gundah. Bila ada sesuatu yang belum kau pahami dari pekerjaan tersebut, segera tanyakan pada mereka yang lebih paham supaya pekerjaan tidak menumpuk dan merugikan diri sendiri dan orang lain.
.

@muhamin25 | #day27 #dailywritingchallenge #260717

Komentar