Jangan Segan Membagi Ilmu


Alhamdulillah, semalam ada salah seorang adik tingkat yang meminta saya untuk mengecek skripsi bab 1 sampai 3. Langsung saja saya mengiyakan. Selain karena memang hari ini saya sedang tidak ada kesibukan, saya juga ingin menggali keilmuan bahasa Arab dan penelitian yang telah lama tidak dipakai lantaran liburan semester yang terlampau lama, dua bulan.

.
Pukul delapan lewat, saya bergegas untuk berangkat ke kampus sesuai janji semalam. Saya menunggu sekitar lima belas menit sambil menyalakan laptop yang saya bawa. Ketika adik tingkat datang, langsung saja saya matikan laptop dan fokus memberikan mereka bimbingan mengenai skripsi yang sedang mereka kerjakan. Saya mulai dari pemahaman latar belakang, berlanjut ke kajian teori dan berakhir pada metode penelitian. Beruntung, saya masih ingat banyak penjelasan dari dosen metodologi penelitian semester lalu. Saya katakan kepada adik tingkat bahwa mulai sejak mengerjakan skripsi seharusnya sudah serius, jangan tunggu nanti. Saya pun menganjurkan mereka untuk meminta bimbingan kepada dosen lain selain dosen pembimbing yang dirasa memiliki kapabilitas dalam skripsi yang sedang mereka kerjakan.
.
Saya sadar bahwa ilmu yang saya bagikan hari ini kepada adik tingkat saya masih sedikit. Masih banyak yang belum saya kuasai, artinya saya masih harus banyak belajar, entah dari buku, jurnal atau langsung bertanya kepada dosen atau pakar. Saya teringat perkataan salah seorang guru saya bahwa zakat ilmu adalah mengajarkannya. Saya rasa dengan mengajar sesungguhnya kita sedang memperbanyak ilmu yang telah kita dapat sebelumnya. Karena bisa jadi ada ilmu-ilmu baru yang belum kita ketahui ketika kita mengajar dan tentu mengharuskan kita mencari informasi lebih lanjut tentang yang belum kita pahami. Maka, saya tak pernah bosan dan selalu segan kepada siapa saja yang mau belajar kepada saya. Saya menganggap itu semua sebagai media berbagi ilmu. Artinya tidak hanya mereka yang belajar, saya sendiri juga belajar dari mereka hal-hal yang belum saya ketahui sebelumnya. Semoga sedikit yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dan senantiasa diberikan keberkahan dan tambahan keilmuan oleh Sang Maha Pemilik Ilmu.  
.
                                                              @muhamin25 | #day62 #dailywritingchallenge #300817

Komentar