Kebersihan Itu Menyejukkan


Pagi ini, seperti biasa Ma’had Al Qalam mengadakan tandzif ‘amm (bersih-bersih berjama’ah) di lingkungan ma’had. Setiap gedung diwajibkan membersihkan gedungnya masing-masing supaya terlihat rapid an enak dipandang mata. Saya sebagai pengasuh gedung Alexandria mengistruksikan kepada setiap santri Alexandria untuk membersihkan kamar dan lingkungan sekitar kamar. Termasuk juga jemuran baju dan kipas angin yang entah sudah berapa tahun tak pernah dibersihkan.

.
Setelah berpeluh ria, tangan kotor sebab membersihkan ini itu, kaki terala lelah sebab harus naik turun dari lantai 2 sampai lantai 4 untuk mengecek kebersihan. Tapi, alhamdulillah semuanya selesai menjelang pukul 8 pagi. Saya kembali ke kamar untuk merapikan kamar dan bersih diri.
.
Kebiasaan bersih-bersih mingguan alangkah lebih baik juga dilaksanakan setiap hari. Jadi, setiap pagi sebelum santri berangkat sekolah, mereka harus membersihkan kamar dan sekitarnya. Bila lingkungan bersih, maka penyakit enggan untuk singgah. Maka sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan kita. Sebagaimana yang sering kita dengar ungkapan kebersihan adalah sebagian dari iman. Semoga kebersihan fisik dan lingkungan dapat menjadi langkah awal kebersihan batin dan rohani.
.

@muhamin25 | #day38 #dailywritingchallenge #060817

Komentar