Kenapa Harus Berada di Tempat Ini?


Beberapa hari ini saya merenungi beberapa hal. Diantaranya mengapa kelas XII ditempatkan di gedung 4 lantai. Sesungguhnya berada di gedung empat lantai ini cukup nyaman, terlebih tatkala malam datang menjelang maka kita akan mudah tertidur pulas sampai pagi sebab dinginnya udara sekitar gedung yang masuk melaui celah jendela. Hanya ada satu akses jalan dari lantai satu menuju lantai dua, tiga, dan empat. Di lantai lima terdapat halaman terbuka yang sangat nyaman digunakan untuk merenungi ciptaan Tuhan sambil sesekali menulis dan meneguk segelas kopi hangat di pagi hari.

.
Analisis saya, santri putra kelas XII berada di tempat ini dengan beberapa alasan. Alasan pertama karena mereka berada di tahun terakhir masa MA, maka mereka ditempatkan satu gedung meski tidak satu lantai. Harapannya, mereka bisa lebih sering berkumpul untuk berbincang soal kuliah, sekolah, dsb. Alasan kedua karena tahun depan mereka sudah lulus dari sekolah ini, maka tempat ini menggambarkan betapa banyak cobaan yang harus dihadapi. Sama persis dengan apa yang akan mereka hadapi di luar sana setelah lulus. Bayangkan, mereka harus rela naik tangga dari lantai satu ke lantai selanjutnya bila mereka ingin sekadar bertemu dengan kawan. Posisi kamar yang menghadap luar (jalan raya dan sekolah) memaksa mereka untuk terus menampilkan kerapian dari kamar yang mereka tempati. Seharusnya mereka malu untuk mempertontonkan gedung mereka yang kotor dan kumuh kepada orang lain di luar komunitas mereka. Di sisi lain ini juga cobaan tersendiri bagi pengasuh gedung ini ketika harus membangunkan subuh setiap pagi dari lantai empat sampai lantai dua.
.
Alasan ketiga adalah bahwa mereka sudah dituntut mandiri untuk mengurus segala hajat mereka. Sudah tidak waktunya lagi mereka merengek minta terus diawasi pengasuh. Kesadaran mereka benar-benar dilihat di sini. Apakah mereka masih seperti adik-adik tingkatnya? Atau sudah mampu menjadi contoh yang baik untuk adik tingkatnya? Pada intinya, segala sesuatu yang dilakukan di ma’had memiliki makna-makna positif selama pribadi yang menempatinya dapat mengambil hikmah di balik segala hal yang ada di ma’had ini.

@muhamin25 | #day66 #dailywritingchallenge #03092017

Komentar