Asyiknya Mata Kuliah Praktek Mengajar Bahasa Arab


            Pukul 8 pagi saya sudah sampai di kampus pascasarjana Batu. Hari ini mata kuliah yang akan dipelajari adalah Praktek Mengajar Bahasa Arab. Saya sendiri sudah berkesempatan untuk praktek pada pertemuan dua minggu yang lalu. Hari ini, giliran saya menjadi peserta didik dan beberapa teman-teman akan menjadi praktikan.

            Lima belas menit telah lewat dari jarum jam pukul 8 pagi. Dosen yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Langsung saja beliau mengucap salam dan mempersilahkan praktikan untuk praktek mengajar di depan kelas. Hari ini ada empat praktikan yang maju. Sebagai peserta didik, saya dan teman-teman yang tidak praktek diberi kewajiban membantu kelancaran praktek sekaligus mengisi lembar observasi kinerja guru.
            Praktek mengajar hari ini rata-rata mengambil waktu setengah jam. Lima belas menit lebih lama dari jatah yang telah ditentukan di awal. Sehingga yang awalnya bisa menampilkan 8 praktikan, hanya 3 orang yang praktek. Meski begitu, praktek hari ini jauh lebih seru dari pertemuan pertama.
            Praktikan jauh lebih komunikatif, lebih menguasai materi, media lebih seru dan tentu proses pembelajaran lebih mengasyikkan. Misal saja permainan bisik kata dari praktikan Siti Jubaidah membuat seisi kelas tak dapat berhenti tertawa. Praktikan Haeriyah pun membawakan materi dengan cukup baik sampai selesai. Ada pula praktikan Nurul Fitria yang mengawali pelajaran dengan nyanyian seputar Bahasa Arab. Semoga saya sendiri dapat mempraktekkan strategi yang telah dipraktekkan di dalam kelas ke dalam anak didik saya di tempat saya bekerja sekarang.
.
Salam Semangat Mengajar Bahasa Surga.
.

@muhamin25 | 4 Oktober 2017

Komentar