Perihal Perubahan


            Kau paham kan apa maksud perubahan? Yang kumaksud adalah perubahan menuju perbaikan. Perubahan itu harus terus dilakukan, meski terkadang menyakitkan, membutuhkan banyak waktu untuk latihan.

            Seumpama ulat yang berpuasa dalam kepompong. Lalu berubah menjadi pribadi baru yaitu kupu-kupu yang indah dan benar-benar berbeda dari ulat yang begitu menjijikkan.
            Perubahan dalam instansi, organisasi, dan apa pun itu tentu saja butuh waktu. Tetapi, bukan berarti kita boleh berjalan lambat sehingga tak tampak perubahan yang berarti daripada sebelumnya.
            Telah kita perhatikan banyak perusahaan gulung tikar sebab tak mampu lagi beradaptasi dengan perubahan yang begitu cepat. Tidak hanya dalam hitungan hari, bahkan perubahan sudah terjadi dalam hitungan jam atau menit. Kalau tak kuat, siap-siap saja untuk kalah.
            Saya harap semoga roda organisasi yang telah berputar dapat benar-benar merubah diri menuju arah kebaikan. Tampil berbeda tak masalah, asal dilakukan dengan penuh perhitungan dan tanggung jawab.
            Jangan sampai terbelenggu masa lalu dan kata “Dahulu kan seperti itu”. Saya harap tak ada lagi kata-kata itu terucap dari para pemegang kendali organisasi yang baru. Belajarlah tiada henti dalam menjalankan amanah organisasi ini.
            Mari bersama melakukan perubahan. Saya siap mengawal perubahan-perubahan itu. Meski sulit, selalu katakan “Ini memang sulit, tetapi saya yakin bisa dilakukan.”. Semoga konsistensi dalam mengawal perubahan ini menjadi langkah awal menuju perubahan-perubahan. Tidak sekadar dalam organisasi yang sedang digeluti. Tetapi lebih dari itu, berdampak pada perilaku diri dan juga teladan perubahan bagi orang-orang yang dipimpin.
.

@muhamin25 | 7 Okober 2017

Komentar