Setiap Orang Butuh Dihargai


Sumber : www.pexels.com

Bagaimana rasanya bila kamu sudah bekerja sekeras mungkin, tetapi nyatanya belum membuahkan hasil yang memuaskan? Ditambah lagi omelan atasan tiada henti, muakkah dirimu? Huft, rasanya ingin segera lari mencari tempat menyendiri untuk menenangkan diri.


Seorang pegawai butuh dihargai atas pekerjaannya. Okelah, mungkin ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan, ya tegurlah dengan baik-baik. Jangan langsung naik pitam yang nantinya malah membuat bawahan semakin abai dengan atasan. Marah-marah sebab pekerjaan tidak beres boleh-boleh saja, asal diimbangi dengan pemberian penghargaan atas apa pun pencapaian yang dilakukan oleh bawahan. Dalam teori Maslow, salah satu hierarki kebutuhan manusia yang kesekian adalah kebutuhan akan penghargaan diri. Jadi, selain penghargaan dari diri sendiri, penghargaan dari luar diri juga amat diperlukan.

Bila tak ada penghargaan sama sekali, maka jangan salahkan bila loyalitas pekerjaan bawahan menurun bahkan drastis sekali penurunannya. Seorang pengurus tiba-tiba acuh tak acuh terhadap tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Bukan karena tidak bisa, tapi lebih kepada kurangnya penghargaan atas pencapaian yang telah dilakukan, sekecil apa pun itu.

Maka, saya kira ucapan terima kasih kepada orang lain menjadi cukup ampuh untuk menunjukkan sebentuk penghargaan atas apa pun yang telah dilakukan. Meskipun tidak diberi upah berupa materi, tetapi ada rasa bangga sebab dirinya dianggap ada, terlebih bila hasil pekerjaannya memuaskan. Tentu ada kepuasan tersendiri. Satu sisi dirinya benar-benar dapat mengerjakan sesuatu dengan baik, sisi lainnya pekerjaannya dihargai oleh atasannya. Tentunya hal tersebut akan terus memacu semangatnya untuk terus berkarya lebih baik ke depan. So, jangan sungkan-sungkan memberikan penghargaan atas segala hal yang telah dilakukan oleh orang-orang di sekitarmu. Niscaya di hari kemudian kamu akan memetic buahnya. Orang yang kamu hargai akan kembali menghargaimu entah bagaimana caranya.

@muhamin25 | 9 November 2017 11.05


Komentar