Jadilah Seseorang Yang Merdeka!



Terkadang ada satu kondisi di mana kita semacam menjadi hamba terhadap orang-orang di aekitar kita. Ketika sesungguhnya kita sendiri memiliki banyak agenda, serta merta mereka datang menawarkan sesuatu yang melenakan. Kalau ditolak kita akan dianggap tidak setia kawan. Di sisi lain, hati kecil sedang memperjuangkan mimpi-mimpi yang siapa pun tak dapat mengganggunya.
.
Di dunia ini, beberapa hal tak dapat dikompromikan. Prinsip-prinsip hidup harus terus dipegang. Sesekali berkata tidak menjadi masalah. Suatu hari mereka akan paham mengapa saat ini kita berkata tidak. Ketika tiba waktunya kita akan berterima kasih pada kata TIDAK yang tempo hari kita lontarkan pada mereka yang menawarkan hal-hal yang bisa dikatakan 'pengganggu' mimpi-mimpi tersebut.
.
Di masa muda yang hanya sekali ini menjadilah merdeka terhadap dirimu sendiri. Jangan sampai hidupmu dikendalikan orang lain. Dikendalikan keadaan sekitar. Tapi ingat, tetaplah berkata tidak dengan halus. Tolaklah dengan elegan. Usahakan tidak membuat mereka kecewa. Kalau pun iya, berpikirlah bahwa terkadang tidak semua hal di dunia ini harus dihiraukan. Sesekali perlu diacuhkan.
.

Komentar