Muhasabah

Ramadan sudah sepuluh hari berlalu. Bagaimana kabar salatmu? Apakah sudah di awal waktu? Sudahkah ia menempati saf pertama? Sudahkah ia ditunaikan dengan berjamaah? Tanyakan saja pada hatimu.

Ramadan sudah sepertiga berjalan. Bagaimana kabar puasamu? Masih penuh? Atau sudah ada yang bolong? Apakah puasamu sekadar menahan makan, dahaga, dan tidak berhubungan seksual? Sudahkah lisanmu berpuasa dari berkata yang dimurkai Allah? Sudahkah otakmu berpuasa dari berpikir negatif? Sudahkah emosimu menahan amarah? Kembali tanyakan pada hati kecilmu.

Ramadan begitu cepat berlari tanpa kita sadari. Bagaimana kabar tilawahmu? Sudah berapa juz kau baca sampai hari ini? Sudah baca Quran hari ini? Sudah kau pahami maknanya? Sudah kau coba jalankan dalam kehidupan? Tanyakan pada dirimu sendiri.

Ramadan menjadi bulan merenung panjang. Atas dosa-dosa yang sengaja maupun tidak sengaja dilakukan. Bulan bermuhasabah atas khilaf diri kepada sesama. Bulan memaafkan kesalahan orang lain. Bulan bersedekah kepada yang membutuhkan. Bulan penuh ampunan, rahmat, dan kasih sayang.

Semoga spirit Ramadan menular pada sebelas bulan lainnya. Semoga kita senantiasa konsisten dalam menjalankan syariat-Nya.

#notetomyself #RamadhanBercerita #RamadhanBerceritaday10 #26052018

Komentar