Produktif di Bulan Ramadan


Sebagai muslim yang semakin dewasa, tentunya momen Ramadan seharusnya tidak lagi menjadi sekadar rutinitas tahunan. Jangan sampai ia tak ubahnya perayaan hari jadi atau semacamnya. Ramadan terlalu agung untuk disamakan dengan yang semacam itu.


Bagaimana cara supaya menjadi produktif selama Ramadan? Beberapa tahun terakhir saya mengamati hal-hal apa saja yang sekiranya membuat Ramadan menjadi lebih produktif.
.
Pertama, mengkhatamkan Quran. Ramadan adalah bulan turunnya Quran. Sebagai muslim seharusnya mampu membaca dan menadaburi Quran dengan porsi lebih banyak daripada di luar bulan Ramadan. Kita bisa membaca dan menadaburi Quran selepas salat jamaah fardu, setelah tarawih, atau menjelang berbuka puasa. Diharapkan dengan membaca Quran lebih sering, hubungan kita dengan pedoman hidup dari-Nya semakin erat.
.
Kedua, memperbanyak sedekah. Kita bisa bersedekah melalui masjid atau ke lembaga-lembaga pendidikan Islam. Selain itu, kita juga bisa membagi takjil gratis menjelang berbuka puasa.
.
Ketiga, melakukan hobi dengan lebih serius. Saya sendiri suka membaca dan menulis. Waktu longgar yang ada selama Ramadan bisa dimanfaatkan untuk membaca dan menulis. Bagi yang punya hobi lain juga tak ada salahnya mulai menekuninya kembali selama Ramadan. Asalkan hobi tersebut positif dan membawa maslahat bagi keseharian kita.
.
Keempat, bersih-bersih lingkungan sekitar. Bagi yang sedang libur bekerja selama Ramadan, tak ada salahnya untuk membersihkan lingkungan sekitar. Kita bisa dimulai dari rumah atau kamar pribadi. Mungkin saja selama sebelas bulan, kita tak sempat membersihkan tempat tinggal kita secara total, maka momen Ramadan bisa menjadi solusi tepat untuk membersihkannya. Tujuannya tak lain supaya hidup lebih sehat dan nyaman.
.
Kelima, mendengarkan ceramah agama. Ramadan adalah momen tepat untuk lebih memperdalam ilmu seputar Islam. Anda bisa mendengarkan ceramah para ustad melalui radio atau youtube. Anda juga bisa mengikuti majelis taklim yang diadakan di lingkungan Anda. Semoga kita diberi keistiqamahan dalam jalan kebaikan.
.

Komentar