Empat Macam Ujian dari Allah

Ada empat ujian yang diberikan Allah kepada manusia. Berikut adalah penjelasannya:

1. Ujian dengan perintah Allah.
Ujian pertama adalah ujian ketika menjalankan perintah Allah. Kita sabar dalam menjalankan salat, zakat, puasa, dan seterusnya. Contohnya adalah kisah Nabi Ibrahim. Beliau begitu teguh menjalankan perintah Allah untuk menyembelih anak semata wayangnya, Ismail. Beliau juga mempertaruhkan keluarganya untuk tinggal di tanah yang tidak ada tanaman di atasnya, sebuah tanah suci. Itu semua beliau lakukan hanya dalam rangka menjalankan perintah Allah SWT.

2. Ujian dengan larangan Allah. Ujian kedua adalah bersabar untuk meninggalkan larangan Allah. Kita tinggalkan minum khomer, kita tinggalkan berjudi dan berbagai larangan lainnya karena Allah. Contoh nyata dilakukan oleh Nabi Yusuf. Nabi Yusuf mampu menahan nafsunya untuk tidak berzina dengan Zulaikha meskipun kondisi dan situasi mendukung. Begitulah seharusnya seorang muslim dalam menghadapi ujian terhadap larangan Allah.

3. Ujian dengan musibah. Contoh nyata adalah Nabi Ayyub. Beliau bersabar ketika menerima musibah penyakit di sekujur tubuhnya yang menyebabkan beliau ditinggalkan oleh kelurganya. Berkat kesabarannya, maka Allah kembalikan kesehatan beliau dan beliau kembali tinggal bersama keluarganya. Maka, hendaknya semacam itulah muslim menghadapi musibah dari-Nya.

4. Ujian dari orang kafir. Ujian keempat adalah ujian orang kafir. Contohnya adalah Nabi Muhammad. Beliau begitu sabar menghadapi gempuran dari kafir Quraisy.

Itulah empat macam ujian. Semoga kita diberi kekuatan untuk menghadapi ujian yang ada oleh-Nya.

#RamadhanBercerita #RamadhanBerceritaday15 #latepost #31052018

Komentar