Berbagi Kebahagiaan


Satu hal yang saya suka dan menjadi kebiasaan santri, terutama santri kelas XII adalah kebiasaan berbagi. Berbagi kebahagiaan sudah menjadi kebiasaan yang mengakar kuat. Angkatan 27 menunjukkan niat baik itu malam ini. Mereka yang memperoleh kebahagiaan mau berbagi dengan kawan satu gedung. Mereka bahu membahu mempersiapkan ini itu sampai terselenggara acara yang khidmat dan tentu saja nikmat.

Angkatan sebelumnya pun melakukan hal yang sama. Tadi malam, angkatan 27 telah resmi memilih ketua angkatan. Mereka melakukannya melalui rembuk dan pemilihan yang begitu demokratis. Meskipun tidak mengikuti sejak awal, saya begitu mengapresiasi langkah yang diambil oleh santri secara mandiri. Selama itu baik, tentu saya akan sangat mendukung.

Selamat kepada angkatan 27 yang terus memberi pelajaran berharga dalam hidup. Bahwa hidup tak melulu soal mengumpulkan harta pribadi. Bahwa hidup adalah sarana berbagi kepada mereka yang bisa jadi lebih beruntung, setara, atau di bawah kita dalam banyak hal. Intinya, dengan berbagi semoga kerekatan emosional dapat tercapai. Semoga kebersamaan semacam ini bisa terus terjadi di masa-masa mendatang.

Komentar