Jangan Jadi Anak Manja


Nak, bila besar nanti jadilah pribadi yang mandiri. Jangan kau gantungkan dirimu pada orang lain. Kau boleh meminta bantuan kepada temanmu, tetapi ingat satu hal, jangan pernah bergantung padanya. Apa bedanya? Meminta bantuan maksudnya kamu masih punya keinginan kuat untuk terus belajar. Tetapi kalau bergantung itu beda. Bila ia yang kau gantungkan tidak ada, maka kau akan mencari sandaran yang lain. Bahkan bisa jadi kamu tidak lagi mau berusaha keras. Membiarkan dirimu jatuh begitu saja, mengikuti alur hidup tanpa ada mimpi dan keinginan yang kuat untuk mewujudkan mimpi dengan tanganmu sendiri, dengan usahamu sendiri.


Nak, ingat bahwa orang tuamu punya urusannya sendiri. Jangan melulu menggantungkan diri kepada beliau. Belajarlah mandiri. Belajarlah mengatur keuangan sendiri. Jangan kau habiskan hanya dalam waktu singkat. Ikhlaskan ketidakhadiran orang tuamu di sisimu sepanjang waktu. Ketidakhadiran mereka bukan berarti tidak sayang padamu. Bahkan, itulah tanda sayang mereka padamu. Tujuannya supaya dirimu mandiri. Mereka yakin dirimu bisa mengendalikan dirimu ketika jauh berada di tanah rantau. Mereka ingin kau mencari teman. Mereka ingin kau menjadi lebih dewasa dari sebelumnya. Bukankah hal semacam itu juga menjadi impianmu sejak dahulu?

Nak, seiring bertambah umurmu, harusnya semakin bertambah kebijaksanaanmu, semakin bertambah kedewasaanmu. Seharusnya seiring bertambahnya ilmumu, seharusnya semakin bertambah pemahamanmu tentang kehidupan. Semoga sedikit renungan ini menjadi perhatianmu. Salam sayang dari ayah ibumu.

Bojonegoro, 2 Juli 2018 06:40

Komentar