Mengulik Rumah Tangga Hasan Al-Banna

Apa yang terlintas dalam diri ketika mendengar Hasan Al-Banna? Seorang tokoh pendakwah melalui gerakan Ikhwanul Muslimin yang digagasnya ternyata bukan orang sembarangan. Buku ini menceritakan sisi kehidupan keluarga yang bisa jadi tak banyak orang ketahui. Bagaimana ia berinteraksi dengan istri, anak-anak, juga masyarakat sekitarnya.

Buku diawali dengan biografi singkat Hasan Al-Banna. Dilanjutkan dengan bagaimana sang ibu yang begitu teliti dalam menentukan pendamping hidup Hasan Al-Banna. Sejak muda, sepak terjang Hasan Al-Banna dalam dakwah tidak diragukan. Beliau adalah kepala rumah tangga yang begitu disayangi dan dihormati. Beliau menerapkan akhlak-akhlak Rasulullah dalam mengatur urusan rumah tangganya.

Misal saja Beliau menerapkan uang harian, uang mingguan dan uang bulanan bagi anak-anaknya. Uang harian untuk jajan, uang mingguan untuk sedekah, uang bulanan untuk membeli buku. Beliau juga memiliki map khusus bagi setiap anak. Di dalamnya terdapat sejarah kelahiran, kartu kelahiran, catatan pendidikan, catatan kesehatan yang secara rinci dilakukan oleh Beliau sendiri. Itu baru sedikit contoh dari banyak contoh yang dipaparkan dalam buku ini.

Sang istri adalah cerminan pendaming dakwah suami yang tergolong sukses. Di tengah kesibukan suami, Lathifah memegang kendali rumah tangga. Sang istri menemani tumbuh kembang anak, mendidiknya dengan cinta. Meski begitu, sang ayah selalu menyediakan waktu khusus meski tidak lama untuk berkomunikasi dengan keluarga. Tuntutan dakwah di luar rumah tidak membuat Hasan Al-Banna serta merta melupakan keluarganya. Bahkan, Beliau menuturkan bahwa dakwah pertama kali seharusnya dilakukan dari lingkup keluarga.

Kepergian Hasan Al-Banna tidak membuat sang istri lemah. Lathifah dalam penuturan anak-anaknya, dengan ikhlas membimbing anak-anaknya, melahirkan putri sulung tanpa kehadiran suami di sisinya. Belum lagi sang istri yang begitu setia melayani para kader ikhwan yang pada beberapa kesempatan masih mengunjungi kediaman mendiang suaminya.

Buku ini sangat cocok dibaca bagi mereka yang akan berumah tangga atau yang sudah berumah tangga. Tujuannya agar kehidupan rumah tangga semakin harmonis, semakin sakinah mawaddah warahmah.

#ulasanbuku #rumahcintahasanAlBanna

Komentar