#1 of #365 (Selasa, 1 Januari 2019) Kilas Balik 2018

Bismillah, 2019 sudah memasuki penanggalan yang pertama di bulan yang pertama pula. Ada kebahagiaan yang menyeruak tiada terkira. Kebahagiaan ketika menelusuri perjalanan hidup saya selama setahun ke belakang. Betapa takdir Allah begitu sempurna adanya. Dimulai dengan awal hari di aw tahun 2018 dengan salat Tahajud. Syahdu sekali rasanya. Benar-benar nikmat terasa. Momen lainnya adalah di penghujung 2017, 31 Desember 2017 saya melakukan bimbingan tesis untuk pertama kalinya. Semoga menjadi langkah awal yang baik. Di bulan Januari pula, saya mulai ikut 30 hari bercerita. Saya harus menulis selama 30 hari penuh selama Januari 2018. Awalnya memang terpaksa, tetapi lama kelamaan menjadi semakin senang dengan menulis. Begitulah, dari terpaksa menjadi biasa. 

Februari menjadi bulan yang cukup melelahkan dengan agenda tesis yang harus segera dimulai dan diselesaikan. Target pertengahan tahun 2018 saya harus lulus dan mendapat gelar master dari jurusan yang sama dengan jurusan yang saya pilih ketika kuliah jenjang sarjana. Bulan kedua ini saya melanjutkan kebiasaan menulis dengan menulis kata mutiara di instagram, beberapa tulisan renungan harian, berbagi inspirasi di salah satu kelas menulis untuk pertama kalinya, berkunjung di salah satu pondok modern terbaik di Jawa Tengah, menulis tentang pemaknaan ayat Alquran.

Di bulan ketiga, saya masih melanjutkan menulis kata mutiara, mencoba menulis satu ulasan buku, menulis puisi, mengikuti seminar pendidikan, buku kedua terbit (kolaborasi dengan kawan komunitas menulis).

Di bulan keempat, saya masih terus menulis kata mutiara, ungkapan sederhana, renungan harian, pemaknaan ayat suci, sajak-sajak indah, dan tentu saja yang spesial adalah diri ini mengenal penyempurna agama dan mampu melaksanakan seminar proposal tesis. Dengan apik, bulan keempat ditutup dengan agenda Haflah Takhrij santri Mahad Al Qalam.

Mei kembali bersemi dengan deretan aksara seputar renungan kehidupan, ungkapan singkat penuh makna, sajak-sajak dan prosa beradu dengan padu, dilanjutkan dengan Ramadan Bercerita selama 30 hari berturut-turut menghiasi bulan penuh ampunan Ilahi.

Bulan Juni dipenuhi dengan cinta yang terus membuncah. Mengakhiri Ramadan dengan penuh khauf dan raja'. Menyemai kebahagiaan bersama keluarga pada momen Idulfitri. Mengawali langkah menuju tangga kehidupan selanjutnya dengan mengkhitbah sang penyempurna agama. Ceria tiada henti menghiasi bulan ini.

Bulan ketujuh kebahagiaan yang ada semakin lengkap dengan sidang tesis, satu ulasan buku, tasyakuran santri kelas XII putra, dan ditutup dengan Workshop bahasa Arab dan Visi Arab Saudi 2030.

Agustus diawali dengan keikutsertaan pada Muktamar IMM di UMM, mendampingi supporter basket MAN 2 Kota Malang, diselingi dengan puisi yang tercipta, renungan kehidupan, keriuhan dan keseruan menyambut Iduladha.

September diisi dengan kesempatan berbagi di depan mahasiswa UIN terkait kiat menjadi mahasiswa akademis organisatoris. Ditutup dengan janji suci yang terucap khidmat di hadapan penghulu sekaligus mertua. Semoga keluarga yang tercipta dapat dibina menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah.

Oktober dilanjutkan dengan mengikuti seleksi CPNS, tulisan renungan kehidupan dan larik-larik puisi tercipta di sela berbagai psristiwa yang terjadi setiap harinya.

November masih asyik dengan merenung tentang kehidupan. Diakhiri dengan menghadiri resepsi pernikahan saudara ipar di Trucuk.

Bulan terakhir di 2018 diisi dengan ujian mahad, membagi laporan belajar santri, tes SKB CPNS di Asrama Haji Surabaya, menghadiri beberapa resepsi pernikahan teman, berlibur ke Wisata Waduk Grobogan Kapas dan alun-alun Bojonegoro. Tak lupa mengunjungi beberapa tempat di Yogyakarta, seperti Tamansari, museum Vredeburg, Malioboro, Keraton Yogyakarta, Alun-alun Kidul, Langgar Kidoel KH. Ahmad Dahlan, makam KH. Ahmad Dahlan, dan Tugu Yogyakarta.

Semoga perjalanan panjang selama 2018 menjadi refleksi untuk terus meniti jalan kebaikan, menebar manfaat di mana pun dan kapan pun. Selamat menyambut 2019 dengan penuh semangat. Semangat bekerja, semangat berkarya, dan semangat berbagi.

#kilasbalik2018 #refleksi #2018to2019  #day107 of #UALoveJourney

Komentar