Banyak Cara Mengukir Kebahagiaan

Nama buku : Canting 
Kategori : Novel 
Penulis : Fissilmi Hamida
Penerbit : KMO Publishing
Tahun terbit : 2018
Jumlah halaman : xii + 364 halaman
ISBN : 978-602-50441-5-1
Peresensi: Muhammad Amin


Apa yang terbayang dalam benak tatkala seorang majikan pada akhirnya menikahi 'rewang'nya? Unik? Aneh? Melawan kebiasaan? Atau biasa saja?
Adalah Sekar, gadis belia usia 18 tahun menikah dengan majikannya, Hadi yang berumur 10 tahun lebih tua. Meski keraguan terus mengusik pikiran Sekar, tetapi Hadi selalu mampu meyakinkannya bahwa dengan bersama-sama, segala rintangan dapat dihadapi. Kehadiran pihak ketiga yang mengguncang keharmonisan mereka, mampu diatasi dengan sempurna meskipun selalu saja menumpahkan air matanya.
Dipenuhi dengan kata-kata filosofis dalam bahasa Jawa membuat novel ini semakin unik. Kata-kata mutiara tersebut diterjemahkan dengan apik oleh penulis yang pada akhirnya dapat kita jadikan panduan dalam menjalani kehidupan, terutama kehidupan rumah tangga.
Novel ini menggambarkan bahwa mimpi harus terus dikejar meskipun badai cobaan terus menerpa. Dengan kerjasama yang apik, saling pengertian, dan menggantungkan segalanya kepada Ilahi membuat segala mimpi yang awalnya musykil menjadi mungkin.
Novel yang layak dibaca bagi mereka yang akan mengarungi bahtera rumah tangga, juga bagi yang telah menjalaninya, tentang bagaimana mengalahkan ego, mengedepankan kata maaf, dan bekerjasama meraih mimpi. Sarat pesan kehidupan yang layak diketahui agar sakinah mawaddah wa rahmah lebih mudah digapai.

Komentar